stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
POLITIK HUKUM KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN DASAR DI ERA 4.0 | Arifiyanto | Prosiding Conference on Research and Community Services

POLITIK HUKUM KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN DASAR DI ERA 4.0

M. Naufal Arifiyanto, Kustomo .

Abstract


Hasil penelitian dari Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2016 menunjukkan hasil penilaian pada siswa Indonesia hanya menduduki posisi keenam dari bawah untuk bidang matematika dan literasi, bertepatan dengan kondisi tersebut pada periode ke-dua Pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak hanya memfokuskan pada peningkatan ekonomi melalui pembangunan dan pengembangan infrastruktur saja, tetapi juga memfokuskan pada pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan, pemerintah bertekat memperbaiki kualitas pendidikan demi mempersiapkan manusia Indonesia yang siap dalam era 4.0 dalam bentuk kebijakan merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Dan Arah Kebijakan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Dasar Di Era 4.0. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis dan hasilnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka Merdeka Belajar adalah program kebijakan baru Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum Merdeka dijelaskan oleh Kemdikbud berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada fasenya sehingga siswa dapat belajar lebih mendalam, bermakna dan menyenangkan, tidak terburu-buru. Politik hukum dalam kebijakan ini adalah, memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik esensi dari proses pembelajaran dan pembentukan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Keywords


Strategi, Merdeka Belajar, Pendidikan 4.0

Full Text:

PDF

References


. Sudarminto, P. (n.d.). 2018. Guru di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Strategi dalam Memajukan Pendidikan Indonesia.

. Kustomo, Dkk. 2019. Evaluasi Keefektifan Kebijakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020. Malang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

. Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. 1–22.

. Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

. Muchith. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

. E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

. Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol