stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
KLINIK ASURANSI SAMPAH SEBAGAI FASILITAS KESEHATAN DAN EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH PADA MASYARAKAT | Susanto | Prosiding Conference on Research and Community Services

KLINIK ASURANSI SAMPAH SEBAGAI FASILITAS KESEHATAN DAN EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH PADA MASYARAKAT

Isni Wahidiyah Susanto, Zulin Nurchayati, Harianto .

Abstract


Kesehatan merupakan rahmat yang tidak ternilai harganya, maka dari itu patut dijaga dan disyukuri oleh setiap umat manusia. Pelayanan kesehatan dirasa cukup mahal untuk sebagian masyarakat miskin. Banyak dari masyarakat kalangan menengah kebawah tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak bahkan sebagian dari mereka tidak pergi berobat karena tidak ada biaya. Asuransi kesehatan sangat dibutuhkan oleh semua golongan masyarakat. Tetapi karena biaya premi asuransi yang cukup tinggi, menyebabkan asuransi kesehatan hanya dapat dinikmati sebagian kalangan yang benar-benar mampu dalam hal finansial, sedangkan bagi masyarakat miskin asuransi kesehatan merupakan hal yang sangat sulit didapatkan. Bahkan jaminan kesehatan yang sudah disediakan pemerintah seperti Askes/BPJS Kesehatan dan Jamkesmas, juga dirasa masih cukup sulit didapatkan oleh masyarakat miskin. Permasalahan inilah yang membuat dr. Gamal Albinsaid untuk mendirikan Garbage Clinical Insurance (GCI) atau Klinik Asuransi Sampah yang digagas oleh Indonesia Medika sebagai organisasi sosial.  Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi pustaka dengan menjelaskan beberapa hasil penelitian sebelumnya bagaimana program Klinik Asuransi Sampah ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan sosial seperti sulitnya mendapatkan fasilitas kesehatan bagi masyarakat menengah kebawah dan menyelesaikan permasalahan lingkungan seperti sampah. Hasil dari studi pustaka ini diharapkan agar dapat menjadi acuan bahwa dengan adanya Klinik Asuransi Sampah ini dapat menyelesaikan masalah kesehatan dan mengurangi sampah lingkungan

Keywords


Klinik Asuransi Sampah, Asuransi Kesehatan, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


. Wise, Charles R., 2010, Organization of the Future : Greater Hybridization Coming.

. Bozeman, Barry., 1987, Organization are all Public: Bridging Public and Private. San Fransisco: Jossey-Bass.

. Koppel, Jonathan GS., 2010, Administration Without Border.

. Hadi, S., 1995, Metodology Research Jilid 3, Yogyakarta : Andi Offset.

. Mantra, Ida Bagoes., 2008, Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

. Muhadjir, Noeng., 1998, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rake Serasin

. Zed, Mestika., 2004, Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

. Hazzi, L,M,A., 2017, Pengaruh Program Klinik Asuransi Sampah (KAS) Terhadap Akses Kesehatan Masyarakat Miskin. Bandung : Universitas Padjajaran.

. Prasetyo, F,N,D., 2019, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Asuransi Sampah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Malang : Universitas Brawijaya.

. Ilumie, I,A., Suroso, Imam., Subagio, N, A., 2016, Persepsi Pasien Terhadap Program Klinik Asuransi Sampah Indonesia Medika Untuk Pembiayaan Pelayanan Kesehatan di Kota Malang.

. Azzahro, S, R., 2018, Manajemen Sampah Rumah Tangga Melalui Asuransi Bank Sampah Dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Malang : Universitas Brawijaya.

. Chusna, J, A., 2015, Asuransi Sampah di Klinik Bumi Ayu Malang Dalam Tinjauan Hukum Bisnis Syariah. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol