PELATIHAN PEMBUATAN KOPI JAGUNG RENDAH KAFEIN SEBAGAI PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA DI DESA SAMBIREJO KECAMATAN WONOSALAM

Nurul Romadhoni, Nepitayah Stya Hatiningsih, Rinjani Rosa Aprilia, Siti Nur Rahmawati Diningrum, Faisal Kusuma Negara

Abstract


Kopi dan Jagung adalah sebuah hasil dari perkebunan yang ada di Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam. Sejauh ini kopi hanya dinikmati sebagai minuman dan jagung hanya dinikmati sebagai nasi pengganti beras. Hal ini menyebabkan perekonomian di daerah Sambirejo mengalami perubahan yang cukup signifikan. Pandemi covid yang belum berakhir menjadikan masyarakat resah. Ditambah dengan meningkatnya harga pupuk yang semakin hari selalu bertambah mahal dan sulit dijangkau. Pengetahuan masyarakat Desa sambirejo yang kurang juga menyebabkan penjualan hasil kebun yang masih mentah terjadi. Tujuan dari program ini adalah membekali pemuda karang taruna dalam pemanfaatan sumber daya alam untuk menstabilkan perekonomian dan meningkatkan sumber daya manusia. Proses pengumpulan data bersifat kualitatif yang bersumber langsung dari hasil penelitian yang sesuai dengan fakta di lapangan dan observasi juga beberapa data, kemudian dibentuk menjadi suatu kumpulan kata

Keywords


Kopi, Jagung, Pemuda karang taruna

Full Text:

PDF

References


. Widagdyo, D. R., Budiman, V. A., Aylianawati, ., & Indraswati, N. (2017). Ekstrasi Kafeina dari Serbuk Kopi Java Robusta dengan Pelarut Minyak Jagung. Widya Teknik, 12(1).

. Wijaya, M. C., Bangsa, P. G., & Malkisedek, M. H. (2019).Kopi Jagung Sidomukt. Kota Malang. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.