stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENERAPAN AKTIVITAS KOGNITIF SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN LANSIA SEHAT, MANDIRI, AKTIF, DAN PRODUKTIF (SMART) DI POSYANDU BAROKAH KELURAHAN KLAMPIS NGASEM, KOTA SURABAYA | Ulfiana | Prosiding Conference on Research and Community Services

PENERAPAN AKTIVITAS KOGNITIF SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN LANSIA SEHAT, MANDIRI, AKTIF, DAN PRODUKTIF (SMART) DI POSYANDU BAROKAH KELURAHAN KLAMPIS NGASEM, KOTA SURABAYA

Elida Ulfiana, Makhfudli ., Zenitha Rani

Abstract


Kelurahan Klampis Ngasem merupakan salah satu wilayah di Surabaya timur tepatnya di kecamatan Sukolilo kota Surabaya. Kelompok sasaran dalam program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah Posyandu Lansia “ Barokah” di RW 3. Permasalahan yang terjadi di Posyandu Lansia Barokah yakni berkurangnya aktivitas kegiatan di Posyandu lansia di tahun 2020 yang hanya sekali setiap bulan untuk pemeriksaan kesehatan, sehingga banyak waktu luang lansia yang belum dimanfaatkan secara produktif. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini kegiatan Posyandu lansia di tiadakan sehingga lansia hanya beraktivitas di rumah. Apabila waktu luang ini tidak dimanfaatkan untuk beraktivitas fisik, sosial, maka akan mempercepat terjadinya demensia, dampak lain juga menimbulkan depresi serta berbagai masalah penyakit pada lansia akan muncul. Dampak akhir dapat menurunkan kualitas hidup lansia. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan aktivitas koqnitif sehingga lansia masih tetap mampu untuk sehat, mandiri, aktif dan produktif. Kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan kunjungan rumah/ home visit pada 25 lansia untuk memberikan edukasi, pemeriksaan kesehatan, lansia membaca, senam, dan fasilitasi hobi lansia. Dari proses kegiatan ini lansia merasa senang mendapat kunjungan, menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,memiliki kegiatan di waktu luang, dan menghasilkan karya. Kegiatan kunjungan rumah/home visit dapat menjadi pilihan kegiatan posyandu lansia selama pandemi.

Keywords


Lansia, sehat, produktif, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Ngasem, M.K.K.K. (2019) “Laporan KKN Tematik 59 Universitas Airlangga,” dalam. Surabaya: LPM UNAIR.

Ikawati (2013) “Pengaruh Pengisian Waktu Luasng terhadap Kebahagiaan Lanjut Usia,” Jurnal PKS, 12(1), hlm. 27–44.

Lestari, A. dan Hartati, N. (2016) “Hubungan Self-Efficacy dengan Subjective Well Being pada Lansia yang Tinggal di Rumahnya Sendiri,” Jurnal Riset Aktual Psikologi, 7(1).

Wreksoatmaja (2015) “Aktivitas Kognitif Memengaruhi Fungsi Kognitif Lanjut Usia di Jakarta,” CDK, 42(1), hlm. 7–13.

Djajasaputra, A.D.R. dan Halim, M.S. (2019) “Fungsi Kognitif Lansia yang Beraktivitas Kognitif secara Rutin dan Tidak Rutin,” Jurnal Psikologi, 46(2), hlm. 85. Tersedia pada: https://doi.org/10.22146/jpsi.33192.

Surahmat, R.I.K.B.H.S. (2017) “Pengaruh Terapi Senam Otak terhadap Tingkat Kognitif Lansia yang Mengalami Demensia di Panti Sosial Tresna Werdha Warga Tama Inderalaya,” e-Journal Unsri [Preprint].

Al-Finatunni’mah, A. dan Nurhidayati, T. (2020) “Pelaksanaan Senam Otak untuk Peningkatan Fungsi Kognitif pada Lansia dengan Demensia,” Ners Muda, 1(2), hlm. 139. Tersedia pada: https://doi.org/10.26714/nm.v1i2.5666.

Sauliyusta, M. dan Rekawati, E. (2016) “Aktivitas Fisik Memengaruhi Fungsi Kognitif Lansia,” Jurnal Keperawatan Indonesia, 19(2), hlm. 71–77.

Syarafina, Z.K. dkk. (2017) “Hubungan Ketaatan Beribadan dengan Kebahagiaan Lansia,” E-Journal Keperawatan, 10(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol