PEMBERDAYAAN KELOMPOK PKK MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN DAUN SIRSAK MENJADI PRODUK KESEHATAN

Elly Rustanti, Zeny Fatmawati, Sylvie Puspita

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menjadi tantangan besar bagi perempuan untuk memanfaatkan dan mengelola lingkungan. Oleh karena itu diperlukan adanya berbagai program yang dapat dilakukan perempuan dalam rangka peningkatan kesejahteraan keluarga dengan memanfaatkan dan mengelola sumberdaya yang ada di lingkungan sekitarnya. Melalui pemberdayaan kelompok PKK desa tulung dapat memanfaatkan potensi alam disekitarnya. Potensi alam yang dimiliki oleh desa tulung kecamatan kedamean kabupaten gresik salah satunya adalah daun sirsak. Selama ini pemanfaatan daun sirsak masih kurang, Masyarakat biasanya memanfaatkan buah sirsaknya saja untuk dimakan, kemudian untuk daunnya dibiarkan saja bahkan dibuang, mereka belum pernah mengolah daun sirsak menjadi produk kesehatan. Pengusul melalui program PKMS memberikan edukasi, pelatihan dan pendampingan pengolahan daun sirsak menjadi produk kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan perekonomian warga desa tulung melalui olahan produk kesehatan berbahan dasar daun sirsak. Metode yang digunakan adalah edukasi, pelatihan dan pendampingan praktek membuat produk kesehatan. Hasil dari kegiatan ini meliputi: 1) pengetahuan ibu-ibu PKK tentang pengolahan daun sirsak semakin meningkat, 2.) meningkatkan semangat berwirausaha ibu-ibu PKK desa tulung dalam upaya mendukung kegiatan pengembangan masyarakat. 3.) pemanfaatan potensi alam agar bernilai ekonomis. Evaluasi yang dilakukan selama program PKMS sampai mitra mampu mengolah daun sirsak menjadi produk kesehatan sehingga mereka akan kreatif dan produktif untuk memperoleh pendapatan.

Keywords


PKK, Daun sirsak, produk kesehatan

Full Text:

PDF

References


. Hasmila, I., Amaliah, Danial, M., 2015, Efektivitas Salep Ekstrak Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L.) Pada Mencit yang Terinfeksi Bakteri Staphylococcus aureus, Prosiding Seminar Nasional Mikrobiologi Kesehatan dan Lingkungan ISBN 978-602- 72245-0-6

. Masloman, Agista P., Pangemanan, D.H.C., dan Anindita P.S., 2016, Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Sirsak (Annona murcata L.) Terhadap Pertumbuhan Jamur Candida albicans, PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT Vol. 5 No. 4 NOVEMBER 2016 ISSN 2302 – 2493.

. Rustanti, E., dan Fatmawati, Z., 2019. Antimicosis activity of chloroform fraction of ethanol extract soursop leaves (Annona muricata, L.). Medical laboratory analysis and sciences Journal, Vol. 1, No. 2, (1-8) November 2019.

. Rustanti, E., dan Fatmawati, Z., 2020. The Active Compound of Soursop Leaf Extract (Annona muricata, L.) as Anti-vaginal discharge (Fluor albus). IOP conf. Series: Earth and Enviromental science 456, Februari 2020.

. Fatmawati, Z., Rustanti, E., dan Fatmawati, I., 2020, Ekstrak Rebusan Annona Muricata L Sebagai Anti Leuchorea Pada Akseptor Kontrasepsi Hormonal Di Pmb Ny N Desa Pulodegang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang, Jurnal Hospital Majapahit, Vol. 12 No.2 (2020) ISSN 2085-0204


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.