PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BERBASIS NILAI-NILAI KEBANGSAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA STKIP PGRI JOMBANG

Mu’minin ., Mindaudah .

Abstract


Pembelajaran Bahasa dan sastra selama ini berjalan dalam sistem regularitas yang terkesan membosankan, pengalaman sebagai pengajar sastra selama ini menghasilkan simpulan bahwa pembelajaran sastra memerlukan sebuah sistem ekologis yang berbeda, agar muatan-muatan humanisme dalam karya sastra dapat menjadi model karakter positif dalam diri pembelajar sastra. Karena belajar sastra sebenarnya bukan belajar tentang struktur karya sastra, tetapi belajar mengembangkan potensi afektif dan menyenangkan, agar sastra dapat menjadi basic pencangkokkan karakter positif,utamanya nilai-nilai kebangsaan yang sekarang sudah mulai menipis. Berdasarkan uraian tersebut pengabdian  ini bertujuan memberikan solusi metekognitif untuk mengatasi lemahnya fungsi praksis dalam proses belajar mengajar Apresiasi Sastra di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Jombang. Pelatihan Penerapan model pembelajaran yang memungkinkan masuknya penanaman karakter positif (penguatan karakter kebangsaan) kepada mahasiswa pada mata kuliah Apresiasi Sastra. Sebuah proses belajar mengajar  yang memacu semangat anak untuk belajar sastra lebih baik dan secara subtantif mampu secara nyata memberi sumbangan kepada 4 hal berikut: a. Ketrampilan berbahasa (skill); b. pengetahuan sosial budaya (knowledge), mengembangkan rasa dan karsa (development), membentuk karakter luhur (character).

Keywords


Model, Apresiasi, Nilai, Kebangsaan

Full Text:

PDF

References


. Beach, Richard & Marshall , James. 1991. Teaching Literatur in Secondary School. San Diego: Harcourt Brace Javanovich Publisher

. Boen,S. Oemarjati. 1996. “Pengajaran Sastra Mencerdaskan Murid Memperkaya Pengalaman dan Pengetahuan” dalam Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Editor Mulyanto Sumadi. Jakarta: Midas Karya Grafindo

. Busching, B.A & Lunsdteen, S.W.1999. “Curriculum Models for Integrating Educational Leadhership Journal.

. Chatharina. 2006. Critical Discourse Analysis sebagai Model Pembelajaran Sastra: (http://cv bersastra.net/it=1014847759, diakses 20 November 2021

. Fasli Jalal. 2020. “Pengembangan Kemitraan antar Stake Holders dalam Mengoptmalkan Pembangunan Bidan Pendidikan”. Makalah dalam Bincang Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.