PENGOLAHAN JERAMI MENJADI PUPUK ORGANIK MELALUI METODE FERMENTASI

Muchammad Rizki, Zona Dina Sofa, Muhammad Faizul Ilham

Abstract


Curahmalang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Sebagian besar penduduk desa Curahmalang bermata pencaharian sebagai Petani karena desa tersebut memiliki luas 2,354477 km. Oleh karena itu, masyarakat desa Curahmalang ini dipungkiri membutuhkan pupuk bersubsidi untuk menunjang usahanya . Ditambah dengan adanya virus Covid-19 yang memberikan dampak yang signifikan pada perekonomian masyarakat desa Curahmalang. Pengetahuan masyarakat desa Curahmalang tentang cara pengolahan limbah jerami juga kurang sehingga menyebabkan adanya pencemaran lingkungan karena tidak adanya usaha dalam pengolahan limbah jerami tersebut. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pelatihan dan memfasilitasi masyarakat desa Curahmalang terutama Ibu-ibu PKK dalam mengembangkan motivasi dan belajar pengetahuan baru tentang bagaimana cara mengolah sumber daya alam dengan maksimal dan juga sebagai upaya untuk melatih keterampilan dalam membuat pupuk organik yang berbahan dasar jerami serta untuk menciptakan desa yang mandiri dan memiliki jiwa wirausaha. Proses pengumpulan data bersifat kualitatif yang bersumber langsung dari penelitian Jerami yang sesuai fakta di lapangan dan observasi.


Keywords


Jerami, Pupuk Organik, Kader PKK

Full Text:

PDF

References


. Berita detiknews Tentang “Mengenang Tragedi Longsor Sampah di TPA Leuwigajah” yang terbit pada 19 Februari 2020

. Berita JawaPos.com Tentang “Pemicu Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Jawa Timur) yang terbit pada 11 Maret 20222

. Kasmir. 2011. Kewirausahaan. Jakarta : Rajawali Pers Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.