IMPLEMENTASI GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN STUDY FROM HOME DI MI SABILUN NAJAH PESANGGRAHAN GUDO

Wardani Dwi Wihastyanang, Diana Mayasari

Abstract


Wabah covid-19 menyebabkan dampak bagi pendidikan, salah satu dampak yang sangat terasa adalah pelarangan pembelajaran tatap muka. Dengan dilarangnya pebelajaran tatap muka maka para pakar pendidikan memberikan solusi salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran online. Salah satu media pembelajaran online yang dapat digunakan tanpa berbayar adalah Google Docs. Google Docs dapat dimanfaatkan sebagai alat evaluasi pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian agar guru-guru dapat memanfaatkan Google Docs secara maksimal maka dilakukan pendampingan dan pelatihan kepada guru secara virtual lewat google meet mengenai tata cara penggunaan Google Docs,pembuatan soal di Google Docs dan lain sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru dalam melakukan proses pembelajaran jarak jauh agar proses belajar mengajar berjalan seperti biasanya dan proses evaluasi pembelajaran bisa di laksanakan walau tanpa tatap muka di sekolah. Dengan diadakannya pelatihan dan pendampingan terkait dengan penggunaan Google Docs, diharapkan guru-guru merasa terbantu dalam melaksanakan pembelajaran Jarak Jauh.

Keywords


Google Docs, Media Evaluasi Pembelajaran, Study From Home

Full Text:

PDF

References


. Asmani, Jamal Ma'mur. 2011. Tips Efektif pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.

. Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

. Batubara, H. H. (2016). Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Universitas Islam Kalimantan MAB, 8(1), 40–50.

. Cecilia, K. R., Elizabeth, R., & Rebecca, C. (2017). Collaborating for metadata creation on digital projects: using Google Forms and Sheets. Library Hi Tech News,34(8), 20–23. https://doi.org/10.1108/LHTN-08-2017-0056

. Fatria, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138–144. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158

. Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika,2(1), 68. https://doi.org/10.35314/isi.v2i1.119

. Handayani, Gusti. (2020). Ujian Akhir Semester Bagi Mahasiswa PGMI Al Hilal Sigli. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Jabal Ghafur Conference On Research and Community Services yang diselenggarakan oleh Universitas Jabal Ghafur, tanggal 07 November 2020. Aceh: Universitas Jabal Ghafur.

. Handayani, I., Aini, Q., Cholisoh, N., & Agustina, I. I. (2018). Pemanfaatan Google Form Sebagai Pendaftaran TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) Secara Online. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 55. https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.73

. Hasibuan, Nasruddin. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Joutnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 4 (1), 22-39.

. Hidayat, Tatang dan Abas Asyafah. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (I) , 159-181.

. Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.11992

. Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu- Ilmu Sosial, 10(1), 120. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.965

. Jannah, Miftahul dkk. (2021) Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Amal Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

. Mardiana, Tria dan Arif Wiyat Purnanto. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Proceeding 6th University Research Colloquium 2017 dalam bidang 'Pengabdian Kepada Masyarakat' yang diselenggarakan oleh Konsorsium PTM/PTA, 9 September 2017. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

. Nofitasari dan Eva Luthfi Fakhru Ahsani. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7 (2),107-118.

. Purba, Asra Idriyansyah dan Yunasdi. (2021). Pemanfaatan Gform Dan Gboard untuk Tes Online Berbasis Handphone Android. Jurnal Abdi Mas Adzkia, 2 (1).

. Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018).Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398

. Septiawan, Fansuri. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Form Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7 (2), 129-135.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.