ANALISIS INTUISI MATEMATIS SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP BARISAN ARITMATIKA

Slamet Rijanto, Wiwin Sri Hidayati

Abstract


Studi tentang hubungan antara intuisi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa bermanfaat bagi siswa dan guru dan diyakini dapat menjadi pedoman pengembangan intuisi matematis dan pemahaman konsep matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intuisi siswa dalam memahami konsep barisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, dan instrumen pendukung adalah lembar tes, pedoman wawancara dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi teori, selanjutnya data dianalis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek telah menggunakan intuisi matematis untuk memahami konsep dan digunakan dalam menyelesaikan masalah barisan aritmatika dan jawabannya adalah benar, meskipun subyek tidak sepenuhya memegang konsep barisan aritmatika. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa subyek telah membuat konsep dan prosedur sendiri terkait permasalahan barisan aritmatika. Subyek  telah membangun konsep sendiri yang masuk akal yang dibangun atas contoh yang berkaitan dengan pengalaman belajar awal. Subyek memiliki intuisi yang cukup baik dan tepat dalam memahami konsep barisan aritmatika. Subyek memegang konsep yang salah pada awalnya, namun pada saat mengerjakan tes tertulis subyek mampu melakukan refleksi terhadap jawaban sendiri yaitu “500 x 6”.   Subyek memberikan jawaban tertulis dengan cara  menjabarkan jawaban permasalahan secara lebih terinci dan hasil kerja subyek memberikan jawaban benar. Namun proses yang dijabarkan oleh Subyek menunjukkan bahwa subyek kurang memahami konsep barisan aritmatika. Mengacu pada hasil tes tertulis subyek,  cara yang dilakukan oleh subyek dalam memecahkan masalah barisan aritmatika tidak sesuai dengan konsep dan konteks permasalahan, sehingga  mungkin dapat sesuai dengan beberapa permasalahan matematika, mungkin juga tidak sesuai, tergantung  pada jenis dan tingkat kesulitan permasalahannya.

Keywords


Intuisi, Intuisi Matematis, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


. Blackler, Alethea L. (2008). Intuitive interaction with complex artefacts : empirically-based research. VDM Verlag, Saarbrücken, Germany. QUT Digital Repository. https://eprints.qut.edu.au/19122/3/c19122.pdf . diakses tanggal 25 April 2023.

. Ben-Zeev, T., and Star, J. 2012. Intuitive Mathematics: Theoretical and Educational Implications. http://www.msu.edu/~jonstar/paper/intuition.pdf

. Skemp, Richard. 1971. Psychology of Learning Mathematics. New York: Lawrence Erlbaum Associaties Inc. https://dokumen.tips/download/link/the-psychology-of-learning-mathematics-richard-r-skemp.html. diakses tanggal 17 Maret 2023.

. Sa’o, S. (2015 ). Berpikir intuitif sebagai solusi mengatasi rendahnya prestasi belajar matematika. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/71678.html. diakses tanggal 25 April 2023.

. Parker, Frieda (2008). A Study of the Role of Intuition in the Development of Students’ Understanding of Span and Linear Independence in an Elementary Linear Algebra Class. University of Northern Colorado. QUT Digital Repository: http://eprints.qut.edu.au/ . diakses tanggal 25 April 2023.

. Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset.

. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

. Kwanta (2014). Psychology, 2014, 5, 1503-1516 Published Online September 2014 in SciRes. http://www.scirp.org/journal/psych,

. http://dx.doi.org/10.4236/psych.2014.513161, diakses tanggal 25 April 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.