PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS X MA SYAFIIYAH TERPADU NGORO

Dita Wahyu Hidayati, Fitri Resti Wahyuniarti

Abstract


Pendidikan adalah suatu usaha yang dipilih untuk mempengaruhi dan membentuk anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan. Berdasarkan pengamatan khususnya di kelas X MA Syafiiyah Terpadu Ngoro Jombang menunjukkan bahwa minat siswa dalam menulis masih rendah dan masih banyak nilai menulis puisi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal karena kurang termotivasi dan cenderung bersikap pasif dalam pembelajaran menulis puisi. Selain itu, penguasaan kosa kata dan strategi yang belum maksimal, sehingga diperlukan perlakuan khusus dalam pembelajaran menulis puisi dan perlunya strategi pembelajaran menulis yang efektif dan efisien bagi siswa. Berdasarkan faktor tersebut penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas X MA Syafiiyah Terpadu Ngoro dan mengetahui hasil peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas X MA Syafiiyah Terpadu Ngoro. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif yaitu untuk menyelidiki keadaan, kondisi, atau hal-hal lain yang disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian dengan hasil penelitian bahwa model pembelajaran Cooperative integrated reading and composition mampu meningkatkan kemampuan menulisn pada siswa MA Syafiiyah Terpadu Ngoro. Dari rata rata pra siklus 74,2 menjadi 76,8 pada siklus I kemudian meningkat lagi dengan rata rata 78,6 pada siklus II dan siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata 93,0. Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dalam kemampuan menulis puisi dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran setelah guru menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, kemampuan peserta didik meningkat. Setelah menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dalam pembelajaran peserta didik menjadi lebih aktif, dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, pengalaman, maupun imajinasinya dalam menulis dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Disarankan untuk menerapkan dan mengembangkan model belajar Cooperative integrated reading and composition dalam pembelajaran menulis puisi Bagi peserta didik untuk menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dalam pembelajaran. Peneliti lain disarankan dapat melakukan penelitian serupa dengan model pembelajaran yang berbeda.

Keywords


menulis puisi, pembelajaran bahasa indonesia, model pembelajaran CIRC

Full Text:

PDF

References


. Iskandar, Wassid & Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

. Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

. Harun. 2018. Pembelajaran Puisi. Banda Aceh:Syiah Kuala University Press.

. Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran.

Yogyakarta:Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.