PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Muhimmatul Choiroh, Safiil Maarif, Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga siswa merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Variasi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu penggunaan media pembelajaran software Geometer’s Sketchpad, karena software tersebut merupakan software matematika yang cukup interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan software Geometer’s Sketchpad terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, serta menggunakan rancangan penelitian True Experimental Design dengan tipe Posttest Only Control Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini 58 siswa dengan 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling yaitu Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal post test yang telah diuji validitasnya menggunakan uji coba instrumen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa ada pengaruh penggunaan software Geometer’s Sketchpad terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng.

Keywords


Pengaruh, Software Geometer’s Sketchpad, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Online), (https://pusdiklat.perpusnas.go.id), diunduh 30 November 2022.

Syahbana, Ali. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contexttual Teaching and Learning. Edumatica. Vol. 2 (1): hlm. 46.

Mauliya, Annisa. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu. Vol. II (2): hlm. 86.

Rusdiawati, Entin. (2014). Media Pembelajaran. (Online), (http://siap-sekolah.com/), diakses 14 Desember 2022.

Arisandi, Yoga Bagus. (2016). Pengaruh Kemampuan Penggunaan Geometer’s Sketchpad terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Segi Empat dan Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Cerme. Skripsi. Gresik, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Gresik.

Hasibuan, Sizwandi. (2018). Pengaruh penggunaan software Geometer Sketchpad V4 terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Skripsi. Padang Sidempuan, Indonesia: IAIN Padangsidimpuan.

Afifah, Khusnul. (2019). Penerapan Software Geometer’s Sketchpad untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng. Skripsi. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Firdaus, Indra Cahya. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. Vol. 2 (1): hlm. 57


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.