PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE DEBAT SISWA KELAS X SMK TELEKOMUNIKASI DARUL ULUM JOMBANG

Yuyun Cahya Ningsih, . Mindaudah

Abstract


Bahasa memiliki peran penting dalam berbagai hal, termasuk dalam pembelajaran. Hal ini karena bahasa adalah sarana yang dipakai dalam berkomunikasi. Membaca, menulis, menyimak dan berbicara merupakan 4 keterampilan berbahasa. Dari empat keterampilan berbahasa, berbicara merupakan salah satu keterampilan yang cukup sulit dikuasai oleh peserta didik, termasuk peserta didik SMK Telekomunikasi Darul Ulum. Kemampuan berbicara yang kurang dikuasai seperti kurang lancar dalam berbicara dan menunjukkan ekspresi kegugupan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan berbicara dengan metode debat pada peserta didik kelas X SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang. (2) Mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan berbicara dengan metode debat pada peserta didik kelas X SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah yang ada di dalam kelas. PTK memiliki empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa SMK Telekomunikasi Darul Ulum kelas X RPL 1 yang terdiri dari 26 siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan nontes (angket dan dokumentasi) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas X RPL 1 SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang dengan menggunakan metode debat, pada siklus I memperoleh rata-rata 58,46, pada siklus II memperoleh rata-rata 71,34 dan pada siklus III memperoleh rata-rata 79,23. Dengan demikian, pada siklus I ketuntasan mencapai 11,53%, pada siklus II ketuntasan mencapai 69,23%, dan pada siklus III mencapai 96,15%. Jadi, metode pembelajaran debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara.

Keywords


berbicara, debat, peningkatan

Full Text:

PDF

References


. Arikunto, Suharsimi: Suhardjono: Supardi dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Suryani, Ed). Jakarta: PT Bumi Aksara.

. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa Bandung

. Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: Satunusa

. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta,Indonesia: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia

. Bulan, Ivone YK. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV SDN 1 Blunyahan. Skirpsi tidak diterbitkan. Yogakarta, Indonesia: fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. E-Modul Bahasa Indonesia Kelas X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

. Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

. Sofyan. Pengertian Belajar: Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Tujuan. (Online). (https://www.gramedia.com/literasi/belajar/). Diakses 28 Februari 2023

. Nawawi, dkk. 2017. Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Uhamka Press

. Nuriyanto, Elok. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Siswa SMP. Jurnal Suluh Edukasi, (Online), 01 (01): 103-104,(https://e-journal.hamzanwadi.ac.id), diunduh 25 Februari 2023

. Priyanti, Nuning Anis. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Materi Negosiasi Melalui Metode Pembelajaran Two-Stay Two-Stray Siswa Kelas X TKR SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang Tahun Pelajaran 2018-2019. Skirpsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: fakultas ilmu pendidikan STKIP PGRI Jombang.

. Rabudin. (2020). Faktor Keberhasilan Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (online).( https://www.detikpendidikan.id/2020/12/indikator-keberhasilan-dalam-penelitian-ptk.html?m=1). Diakses 13 Februari 2023.

. Suryani, Tatik dan Endang Mastuti Rahayu. 2018. Modul PKT. 04 Metode Pembelajaran. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

. Fadilla, Mira. 2019. Seni Debat dan Negosiasi. Yogyakarta: Araska

. Susanti, Elvi. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Pers

. Wijayanti, Prabantara Esti. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar 1 Pedes, Sedayu, Bantul, Tahun Ajaran 2013/2014. Skirpsi tidak diterbitkan. Yogakarta, Indonesia: fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.