RETORIKA PEMBAWA ACARA NAJWA SHIHAB PADA PROGRAM MATA NAJWA EDISI DEBAT RKUHP MERDEKA BERSUARA

Sinta Dwi Maghfiroh, Akhmad Sauqi Ahya

Abstract


Kemampuan retorika Najwa Shihab merupakan wujud dari keterampilan berbicara yang memukau dan mampu menggunakan strategi dengan teknik persuasi.Teknik persuasi dalam konsep bukti retoris sangat diperlukan untuk mempengaruhi atau mengajak audience agar mau mengikuti apa yang disampaikan oleh pembawa acara. Melalui acara Mata Majwa  yang menyajikan tayangan mengenai informasi baik berupa peristiwa atau kejadian hukum, politik maupun sosial, dikemas secara interaktif dan apik, mampu menarik dan berhasil menyedot perhatian seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bukti retoris Pembawa acara Najwa Shihab pada program Mata Program Mata Najwa. Pembawa acara memang faktanya sangat banyak ditemui, namun jarang pembawa acara yang dapat berhasil memersuasi audience, sehingga melalui bukti retoris Aristoteles dapat digunakan sebagai acuan teknik yang tepat dalam beretorika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tinjauan bukti retoris menurut Aristoteles. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah akun Youtube Najwa Shihab edisi Debat RKUHP, memang Najwa Shihab sebagau pembawa acaranya.Pada tahap analisis dilakukan dengan cara deskripsi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya bukti retoris pembawa acara najwa Shihab yaitu ditemukannya tiga poin, meliputi logos, ethos, dan pathos. Najwa Shihab dalam bukti retoris logos berhasil membuktikan bukti-bukti logis yang dapat dicerna audience dari indikator fakta, data, dan logika. Ethos menjadi poin kedua yang berhasil ditunjukkan Najwa Shihab, memang ethos mempunyai pengertian sumber kepercayaann yang merujuk pada kredibilitas, atraksi, dan kekuasaan. Dalam hal ini Najwa sebagai lulusan mahasiswa hukum dapat menunjukkan kepada khlayak bahwa dirinya mempunyai pengetahuan yang luas, kepribadian yang terpercaya, dan  apa yang disampaikan merupakan sesuatu yang dipahami atau sesuai dengan bidang keahliannya. Poin ketiga yakni pathos, berhasil dibuktikan Najwa, memang pathos berarti keterikatan dengan emosi yang dimunculkan dari para pendengar atau audience. Pada ketiga bukti retoris tersebut, didapatkan 18 data dari 3 bukti retoris, dan pada bukti logos dan ethos yang menjadi dominan dengan indikator fakta dan krebililitas

Keywords


Retorika, Bukti Retoris, Pembawa Acara Najwa Shihab

Full Text:

PDF

References


. Aristoteles. 2018. Retorika (Terjemahan W. Rhys Roberts).Yogyakarta: Basabasi.

. Abdillah, A. W. (2021). Analisis Gaya Retorika Pada News Anchor Dalam Program Acara Indonesia Morning Show di Channel Youtube Indonesia Morning Show NET TV. Skripsi.

. Abidin , Y. Z. (2013). Pengantar Retorika. Bandung: CV Pustaka Setia.

. Afifah, H. (2022). Penerapam Retorika Aristoteles Ustadz Hanan Attaki Dalam Youtube Shift Media Episode Ramadhan 1442 Hijriah Bareng UHA. Skripsi.

. Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Fikry, A. (2020). Representasi Konsep Retorika Persuasif Aristoteles dalam Pidato Ismail Haniyah. Al Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1, 137.

. Hendrikus, D. W. (1991). Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

. Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Naarsi . jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Lucas, Richard E. 2007. Personality and the Pursuit of Happines. London : Social and Personality Psychology Compass

. Lumsden. 2006. Communicating with credibility and Confidence 3rd Edition. Belmont Australia : CA Thomshon / Wardworth

. M.Rizal, Y. A., N.Djou, D., & Idul, R. (2021). Retorika Pembawa Acara Indonesia Lawyers Club di TV One. Junral Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 12-29.

. Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Nafiza, I. (2021). Strategi Retorika Pembawa Acara Dalam Mata Najwa Trans 7. PENEROKA, 1.

. Rakhmat, J. (2011). Retorika Modern . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Sarah, D. (2019). Belajar menjadi MC. Jakarta: Zomato Creative.

. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

. Sulistyarini, D., & Zainal, A. G. (2020). Buku Ajar Retorika. Serang: CV. AA Rizky.

. Tarigan, G. H. (1985). Berbicara : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. Universitas Bina Sarana Informatika. 2019. E-Learning Universitas Bina Sarana Informatika, Psikologi Komunikasi. diakses melalui https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/240400/Psikologi-Komunikasi-1.pdf

. Wulandari, A. L. (2013). Strategi Retorika Pembawa Acara Dalam Indonesia Lawyers Club di TVONE. Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.