REALISASI FUNGSI TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

Deita Rahmadani, Heny Sulistyowati

Abstract


Penelitian yang berjudul Realisasi Fungsi tindak Tutur Direktif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Jombang merupakan sebuah penelitian yang berfokus pada tuturan yang disampaikan oleh guru dengan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, fungsi tindak tutur direktif beserta realisasinya dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Jombang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, karena dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan kalimat dan dialog yang meliputi fungsi tindak tutur direktif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila beserta realisasinya. Sumber data dalam penelitian ini, berupa dialog guru dan siswa dalam pembelajaran P5. Kemudian data dikumpulkan dengan teknik observasi, transkripsi, identifikasi, dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif dalam pembelajaran P5, ditemukan tuturan yang memiliki fungsi tindak tutur direktif serta realisasinya. Temuan data realisasi fungsi tindak tutur direktif pada penelitian ini, realisasi langsung yang paling banyak, maka dalam penelitian ini guru lebih sering menggunakan realisasi fungsi tindak tutur direktif secara langsung ketika pembelajaran P5. Maka simpulan data tindak tutur direktif dalam pembelajaran P5 berupa dialog guru lebih dominan menggunakan fungsi tindak tutur direktif memerintah dengan realisasi secara langsung

Keywords


Fungsi tindak tutur direktif, realisasi, pembelajaran P5

Full Text:

PDF

References


. Aditomo, Anindito Dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

. Djajasudarma, Fatimah. (2010). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

. F.X Nadar, (2009), Pragmatik & Penelitian Pragmatik.Yogyakarta: Graha Ilmu

. Ibrahim, Syukur Abd. (1993). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional

. Kanal Youtube SMKN 1 Jombang. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMKN 1 Jombang tahun pelajaran 2022-2023. (https://www.youtube.com/live/EwZ9JpMT0ig?feature=share), diakses pada 18 November 2022 pukul 09.24

. Leech. Geoffrey. (2015). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

. Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

. Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip Wacana, Yogyakarta: Tiara Wacana

. Prihatin, Y, Sulistyowati, H. (2022). Fungsi tindak tutur imperatif pada komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia SMP Negeri 1 Jetis Mojokerto//ejournal.unwamataram.ac.id. Jurnalis Trendi

. Yule, George. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.