ANALISIS BERPIKIR STATISTIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA DESKRIPTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS

Afilia Isnaini, Oemi Noer Qomariah

Abstract


Berpikir statistis ialah keterampilan untuk mengetahui serta memahami proses statistis dengan menyeluruh, serta mempraktikkan pemahaman tersebut pada permasalahan sehari-hari dengan memberikan penilaian, analisis, serta generalisasi yang berkaitan dengan mendeskripsikan data; mengorganisasikan data; merepresentasikan informasi; dan menganalisis serta menginterpretasikan data tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir statistis siswa SMP berkemampuan matematika tinggi, sedang, rendah dalam menyelesaikan soal statistika deskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa SMP BUDI UTOMO PERAK kelas VIII-B yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir statistis, serta pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi dta, penyajian data, serta penyimpulan dan verifikasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi keempat indikator berpikir statistis yaitu: mendeskripsikan sajian data, mengorganisasi dan mereduksi data, merepresentasikan data, menganalisis dan menafsirkan data. Adapun siswa berkemampuan matematika sedang belum memenuhi keempat indikator berpikir statistis yaitu: siswa belum mampu dalam mengorganisir dan mereduksi data, akan tetapi siswa memenuhi dalam indikator mendeskripsikan sajian data, merepresentasikan data, menganalisis dan menafsirkan data. Sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah belum memenuhi keempat indikator berpikir statistis yaitu: siswa belum mampu dalam mendeskripsikan sajian data, siswa belum mampu dalam mengorganisasi dan mereduksi data, siswa belum mampu dalam merepresentasikan data, serta siswa belum mampu dalam menganalisis dan menafsirkan data

Keywords


Berpikir Statistis, Soal Statistika Deskriptif, Kemampuan Matematis

Full Text:

PDF

References


Jones, G., Thornton, C., Langrall, C., Mooney, E., Perry, B., Nisbet, S., & Putt, I. (2000). Assessing And Fostering Children’s Statistical Thinking. International Association For Statistical Education (Icme), 9, 35-44

Martadiputra, B. A. P. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran Meas Yang Dimodifikasi. Infinity Journal, 1(1), 79-89. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p79-89

Meylasari, N. D., Sujadi, I., & Subanti, S. (2021). Profil Tingkatan Berpikir Statistis Siswa Dalam Menganalisis Dan Menginterpretasikan Data. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 408-422

Qomariyah, U. N., & Dinarti, S. (2021). Proses Berpikir Statistis Siswa Sekolah Dasar Bergaya Kognitif Field Independent. Inspiramatika, 7(1), 1-15.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsoraya, R. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir Statistik Terhadap Kreativitas Berpikir Siswa Dalam Matematika (Studi Kasus Di Kelas Xi Ipa Man 2 Kota Cirebon) (Doctoral Dissertation, Iain Syekh Nurjati Cirebon).

Widarti, A. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(003), 2.

Wild, C., & Pfannkuch, M. (1998, June). What is statistical thinking. In Proceedings of the fifth international conference on teaching statistics (Vol. 1, pp. 335-341).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.