ANALISIS ASESMEN PSIKOMOTOR TERINTEGRASI BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS DI MODUL AJAR GURU SMP SEKOLAH PENGGERAK

Diah Puji Nali Brata, Edy Setiyo Utomo, Ahmad Farhan

Abstract


Proyeksi proses pembelajaran dapat dilihat dari asesmen yang dilakukan guru. Asesmen psikomotor dalam konteks sekolah adalah proses penilaian yang digunakan untuk mengukur keterampilan fisik, motorik, dan perilaku siswa dalam berbagai bidang. Namun, tidak sedikit guru belum memberikan indiaktor yang jelas dalam melakukan asesmen psikomotor. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis asesmen psikomotor terintegrasi kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dalam modul ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 26 guru SMPN 2 Mojokerto dari berbagai bidang studi. Instrumen utama adalah peneliti, dan instrumen pendukung terdiri dari lembar kuesioner dan pedoman wawancara. Teknik pengambilan data meliputi pemberian kuesioner melalui google form dan wawancara. Pengecakan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan teknik asesmen psikomotor dengan 73,1% subjek penelitian lebih mengarah pada teknik praktek. Artinya, guru sudah melakukan asesmen psikomotor yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan setiap mata pelajaran. Namun, jumlah guru yang belum memasukkan kriteria atau indikator kreavitasn dan inovatif masih belum maksimal karena masih terdapat 50% guru yang menyatakan tidak. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian khusus terutama kepala sekolah sebagai supervisi utama dalam identifikasi keberhasilan guru dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dalam modul ajar

Keywords


asesmen psikomotor, berpikir kritis, kreativitas, modul ajar

Full Text:

PDF

References


Alobaidi, A. (2020). Assessment of the Psychomotor Domain. Aalborg Academy Journal of Medical Sciences, 3(2), 105–141. https://doi.org/10.32441/aajms.3.2.11

. Amorim, N. De, Parreiral, J., & Santos, S. (2022). The Assessment of the Psychomotor Profile in Children: Preliminary Psychometric Analysis of the Portuguese Version of the Batterie d’Evaluation des Fonctions Neuropsychomotrices de L’enfant (NPmot.pt). Children, 9(8). https://doi.org/10.3390/children9081195

. Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

. Dahlia, D., Maison, M., & Nehru, N. (2020). Developing An Authentic Assessment Instruments of Psychomotor Domain For The Physics Learning on Measurement Materials in Class X SMA. Journal of Science Education Research, 4(2), 44–48. https://doi.org/10.21831/jser.v4i2.35713

. Hamid, R., Baharom, S., Hamzah, N., Badaruzzaman, W. H. W., Rahmat, R. A. O. K., & RaihanTaha, M. (2012). Assessment of Psychomotor Domain in Materials Technology Laboratory Work. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56(Ictlhe), 718–723. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.708

. Hernon, O., McSharry, E., MacLaren, I., & Carr, P. J. (2023). The use of educational technology in teaching and assessing clinical psychomotor skills in nursing and midwifery education: A state-of-the-art literature review. Journal of Professional Nursing, 45(February), 35–50. https://doi.org/10.1016/j.profnurs.2023.01.005

. Indrawati, D., Fatahillah Serpong, S., & Selatan, T. (2022). The Role of Critical Thinking in Stimulating Student Creativity in The Era of The Industrial Revolution 4.0 Towards The Era of The Industrial Revolution 5.0. Tarbawi, 5(2), 151–165. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

. Iskandar, A. (2013). Pengembangan perangkat penilaian psikomotor di sekolah menengah kejuruan (SMK). Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 37–46. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/30/30

. Kuo, H. H., Yen, C. F., Chou, H. H., Lin, W. L., Huang, K. G., Lee, C. L., Wang, K. L., & Hsieh, M. J. (2023). Origami Box Folding Exercise: A laparoscopic box simulation training and assessment method in facilitating laparoscopic psychomotor skills with minimal preparation. Taiwanese Journal of Obstetrics and Gynecology, 62(1), 31–39. https://doi.org/10.1016/j.tjog.2022.08.015

. Kurniawan, T. T. (2021). Development of 4C-Based Hots Assessment To Improve Critical Thinking Skills in Grade 6 Students of Kudus Elementary School. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(3), 675–683. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8319

. Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

. Rifdarmon, R. (2020). Analisis Kebutuhan Penilaian Psikomotor Berdasarkan Video Tutorial Berlandaskan Manualbook pada Pendidikan Vokasi Guna Meningkatkan Pencapaian Learning Target. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 89–96. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.738

. Viscione, I., D’Elia, F., Vastola, R., & Sibilio, M. (2017). Psychomotor Assessment in Teaching and Educational Research. Athens Journal of Education, 4(2), 169–178. https://doi.org/10.30958/aje.4-2-5

. Yatimah, D. (2020). Implementation of Psychomotor Assessment on Life Skills Learning Program Package. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 171–176. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8124

. Yoshida, Y., Uno, T., Tanaka, H., Hakosaki, I., Shigeta, K., & Yano, R. (2022a). Cognitive changes with psychomotor skill acquisition through blended learning among nursing students: A qualitative study. Nurse Education in Practice, 65(October), 103486. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2022.103486

. Yoshida, Y., Uno, T., Tanaka, H., Hakosaki, I., Shigeta, K., & Yano, R. (2022b). Cognitive changes with psychomotor skill acquisition through blended learning among nursing students: A qualitative study. Nurse Education in Practice, 65(June), 103486. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2022.103486


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.