MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MERUPAKAN PERAN GURU PPKn Di MTs NEGERI 17 JOMBANG

Agung Kesna Mahatmaharti, Tri Andini Agusti Ningrum

Abstract


PPKn adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak- hak dan kewajibannya untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Sasaran utama guru PPKn adalah membawa peserta didik menjadi manusia yang memiliki kesadaran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1)Peran guru PPKn dalam membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan,(2)Peran guru PPKn dalam membiasakan peserta didik agar menjalankan intruksi dengan sebaik-baiknya, (3)Peran guru PPKn dalam membiasakan peserta didik agar bersikap kooperatif. (4)Peran guru PPKn dalam membiasakan peserta didik agar menyelesaikan tugas tepat waktu, serius dan tekun. (5) Peran guru PPKn dalam membiasakan peserta didik agar membantu teman yang kesulitan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di Mts Negeri 17 Jombang, dengan sumber data manusia dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi partisipatif, wawancara terstruktur serta dokumentasi dan juga triangulasi sumber untuk mengetahui bagaimana yang sebenarnya terjadi di Mts Negeri 17 Jombang

Keywords


peran guru, tanggung jawab, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Cahyaningrum.2017 Pengembangan Nilai-Nilai Karakter. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17707), diakses pada 20 Oktober 2022

Gestiardi. 2021. Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah. (Online). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/39317), diakses pada pada 06 September 2023

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. (Online). (https://www.tokopedia.com/tokobukurahma/pendidikan-karakter-islam-marzuki-amzah), diakses pada pada 20 Oktober 2022

Oktarosada.2017.Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran. (Online). (http://repository.radenintan.ac.id/2236/), diakses pada pada 20 Oktober 2022

Pesani.2014. Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab. (Online). (https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/616/0)

Putra. 2020. Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa. (Online).(http://repository.iainbengkulu.ac.id/7209/1/SKRIPSI%20ORIZSAN%20PUTRA.pdf), diakses pada pada 20 Oktober 2022

Rustandar.2018. Pendidikan Merupakan Salah Satuk Hak Asasi Manusia. (Online) pendidikan. (http://repository.unpas.ac.id/34535/1/BAB%20I%20.doc ), diakses pada 20 Oktober 2022

Sari, 2021. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. ( 0nline). (https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3150/2423), diakses pada pada 06 September 2023

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yunus.2020. Analisis Sikap Tanggung Jawab saat Proses Pembelajaran. (Online). (https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/download/234/pdf), diakses pada pada 23 Oktober 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.