PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TIMSS SISWA MI WALISONGO

Vidha Rahayu, Abd. Rozak

Abstract


Hasil pengukuran kompetensi siswa Indonesia melalui TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study) menunjukkan hasil yang belum memuaskan. Sehingga diperlukan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah seperti pada masalah TIMSS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh jika PBL digunakan dalam proses pembelajaran terkait penyelesaian soal TIMSS.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Walisongo. Metode pengumpulan data berupa tes dengan Instrumen yang digunakan adalah lembar soal TIMSS materi bilangan. Setelah data terkumpul, akan dianalisis menggunakan uji t sampel bebas dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test kelas kontrol yaitu 38,50, lebih rendah dari kelas experimen yaitu 57,92. Hasil uji t sempel bebas didapatkan nilai sig 0,162, dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata antara kelas control dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam menyelesaikan soal TIMSS pada siswa MI Walisongo

Keywords


Pembelajaran berbasis masalah, TIMSS, Bilangan

Full Text:

PDF

References


. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

. Pratiwi, Z.S., (2016). Pengembangan Soal Matematika Berkarakteristik TIMSS Tipe Pemecahan Masalah Pada Topik Geometri Pengukuran Volume Kubus dan Balok Kelas VIII. Jurnal Elemen.

. Witri, G.P., (2014). Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Model The Trends For International Mathematics And Science Study (TIMSS) Di Pekanbaru. Jurnal Primary.

. Creswel, J.W. (2019). Research Design Edisi Keempat. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

. Prastyo, H., (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik.

. Apipah, N., (2023). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap High Order Thingking Skill (HOTS) Matematis Siswa. Jurnal Cendekia.

. Safitri (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Naskah Jurnal.

. Astuti, P.S., (2021). Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery. Salatiga, Indonesia: Edu Sains


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.