UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 JOMBANG
Novi Nur Ikhfani, Jauhara Dian Nurul Iffah
Abstract
Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah siswa yang masih kurang antusias terhadap pembelajaran dan kurang bisa mengungkapkan pendapat di depan siswa lain, sehingga membuat hasil belajar kurang maksimal. Model pembelajaran SAVI dapat mengoptimalkan seluruh panca indera dalam pembelajaran secara langsung, tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, siswa berusaha untuk menerangkan dan mempraktekan pembelajaran, diskusi sesama teman, serta bertanya sesama teman dan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran SAVI. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Jombang tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan siswa dan lembar hasil tes belajar siswa. Pada penelitian ini, keaktifan siswa dikatakan meningkat jika persentase keaktifan siswa lebih dari 75% dan hasil belajar matematika siswa dikatakan meningkat jika persentase skor hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal lebih dari 75%. Berdasarkan penelitian selama dua siklus diperoleh persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71,87% dengan kriteria cukup aktif meningkat menjadi 84,37% dengan kategori aktif pada siklus II dengan peningkatan sebesar 12,50%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,50% menjadi 78,12% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,62%. Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Jombang dengan materi bangun ruang sisi datar.
Keywords
Keaktifan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditori Visual Intelektual)
. Khoirudin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Universitas Lampung, 4.
. Nisa. (2018). Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern.Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
. Rachma, I. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Teknik Probing Prompting Pada Siswa SMA Negeri Ngoro. STKIP PGRI Jombang.
. Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakara.