EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIS SISWA SEKOLAH DASAR

Iftitah Nur Laili, Bella Pramudya L., um Qomariyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir statistis pada siswa SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah control Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas 5 A dan B di SDN Bethari/ Jombatan 3 Jombang. Sebelum dan sesudahnya diberikan tindakan, maka kedua kelas eksperimen diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan berpikir statistis siswa melalui pembelajaran Project Based Learning  . Penelitian ini menggunakan uji ANOVA dan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk mengetahui efektivitas menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir statistis siswa yang diberikan pembelajaran Project Based Learning dan  dengan penerapan model pembelajaran langsung. Di samping itu, hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan pembelajaran Project Based Learning  dengan masalah statistik sebesar 80,02% dengan kategori efektif. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung memperoleh hasil N-Gain sebesar 53,70% dengan kategori kurang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Project Based Learning  dengan masalah statistik dapat dikatakan berhasil terhadap kemampuan berpikir statistis siswa secara maksimal.

Keywords


Efektivitas, pembelajaran Project Based Learning , Kemampuan Berpikir Statistis

Full Text:

PDF

References


. Fitriani dan Sukhijo (2018:2) Fitriani, F., & Salsinha, C. N. (2021). Komparasi Pengaruh Pendekatan Scientific Dan Open-Ended Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Menengah Pertama Di Kefamenanu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 972. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3562

. Fajriah et al., 2021 Fajriah, N. A., Nursalam, N., Suharti, S., & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle dengan Pendekatan Visualisasi terhadap Kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1626–1639. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.634

. Jones, Graham A et.al . 2000. A Framework for characterizing childrens statistical thinking. Mathematical Thinking and Learning,2, 269-307.

. ____________, 2001. “ Using Student Statistical Thinking to infrom instruction”. Jurnal of Mathematical Behavior. Vol. 20 (2001) 109-144

. Mahanal, S. 2009. Pengaruh Penerapan Perangkat Pembelajaran Deteksi Kualitas Sungai dengan Indikator Biologi Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa SMA di Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang

. Qomariyah, U. N., & Dinarti, S. (2021). Proses Berpikir Statistis Siswa Sekolah Dasar Bergaya Kognitif Field Independent. Inspiramatika, 7(1), 1-15.

. Waru M V Minggi I and Annas S 2015 Deskripsi persepsi tentang statistika ditinjau dari tingkat kemampuan berpikir statistis (statistical thinking) pada mahasiswa jurusan pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar J. Daya Mat. 3 1 pp

. Wild, C.and Pfannkuch, M, (1999). “Statistical Thigking in Empirical Equiry (with discussion)” International Statistical Review Journal Online


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.