MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATA : HARGA DAN CITRA DESTINASI SAWAH SUMBER GEMPONG DI DESA WISATA

Siti Nur Qomariyah, Mar’atul Fahimah, Rahmat Maulana Sukma Dewantara

Abstract


Sektor pariwisata mengalami peningkatan yang signifikan. Konsep wisata yang menawarkan keindahan alam diminati pada masa new normal pandemi sampai saat ini. Wisata Sawah Sumber Gempong yang terletak di dusun Sukorame desa Ketapanrame kecamatan Trawas kabupaten Mojokerto menawarkan pemandangan alam persawahan dan sumber air yang terletak di kaki gunung penanggungan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra destinasi terhadap minat untuk berkunjung ulang ke wisata sawah Sumber Gempong Trawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Sampel penelitian adalah pengunjung wisata sawah Sumber Gempong Trawas yang telah mengunjunginya minimal sekali. Jumlah sampel sebanyak 100.  Teknik sampling pengunakan purposive. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji kevalidanannya. Selain itu, metode analisis data menggunakan Smart PLS 4 analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan citra destinasi mempengaruhi minat wisatawan untuk mengunjungi ulang wisata persawahan Sumber Gempong Trawas. Pengelola Pengelola wisata harus memahami pasar dalam menentukan harga yang kompetitif dan harus aktif mempromosikan citra destinasi melalui kampanye pemasaran secara digital.

Keywords


citra destinasi, harga, destinasi wisata, minat kunjungan ulang

Full Text:

PDF

References


Agfianto, T., Antara, M., & Suardana, I. W. (2019). Dampak Ekonomi Pengembangan Community Based Tourism terhadap Masyarakat Lokal di Kabupaten Malang (Studi Kasus Destinasi Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul). Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 5(2), 259–282. https://doi.org/10.24843/jumpa.2018.v05.i02.p03

Nazarullail, F., Hardika, & Desyanty, E. S. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Ekowisata “Lepen Adventure.” 1071–1076.https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9821

Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. Media Bina Ilmiah, 14(3). https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.328

Kotler, & Armstrong. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition: Global Edition.

Kotler, P. (2018). Principles of marketing. In Pearson Education,.

Hanif, A., & Kusumawati, A. (2016). . Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Nusantara Yang Berkunjung Ke Kota Batu). 44–52.

Hidayat, T. T., & Chalil. (2017). Pengaruh Aksesibilitas dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Telaga Tambing. 3.

Nurhayati, Nendah, & Asep M. Ramdan. (2019). Peran Citra Destinasi Dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali Ke Puncak Darma Geopark Ciletuh Kab. Sukabumi).

Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi pada WisataCoban Rais BKPH Pujon).

Prakosa, N. H., & Fafurida. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Kunjungan Wisatawan dan Nilai Ekonomi Objek Wisata Alam Curug Silawe Kabupaten Magelang.

Andina, Almas Sabila, & Aliyah. (2021). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. . 3.

Koda, M., & NurletteNKS. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan (Studi di Monumen Monjali Yogyakarta).

Citaningtyas Dian, Sidanti Heny, & Wulandari Wahyu Ratih. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Sulistyafani & Sastrawan, 2021, Pengaruh Citra Destinasi terhadap minat berkunjung ulang wisatawan di Pantai pandawa, bali. JURNAL DESTINASI WISATA. DOI: 10.24843/JDEPAR.2021.v09.i01.p11.

Olivia Ambitan, Jane Grace Poluan, & S.L.H.V. Joyce Lapian. (2023). Pengaruh Faktor Harga, Citra Wisata Physical Evidence Dan Overall Satisfaction Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Objek Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. 11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.