NILAI-NILAI TRADISI DAN SOLIDARITAS DALAM UPACARA RUWAH DESA

Angelita Anggraeni, Heppy Hyma Puspytasari

Abstract


Ruwah Desa merupakan tradisi yang menciptakan kebersmaan dan kerukunan Masyarakat desa. Tradisi ini merupakan rasa syukur atas rezeki, dan menghormati para leluhur. Permasalahan pada tradisi yaitu pengaruh budaya luar dan tantangan perubahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan nilai-nilai tradisi, (2) Kondisi Solidaritas masyarakat desa, (3) nilai nilai solidaritas dalam ruwah desa. Sumber penelitian data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan validasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Penelitian ini menunjukan (1) Nilai-nilai tradisi mencakup lima komponen yang saling terkait yaitu: Emosi keagamaan, Sistem keyakinan, Sistem ritual, dan upacara Peralatan ritual, dan upacara Umat agama. (2)  Kondisi masyarakat desa Bakalan aktif dalam berkelompok, dan antusias melestarikan tradisi. (3) nilai nilai solidaritas dalam ruwah desa adalah kebersamaan dan kerukunan. Manfaat penelitian untuk mengetahui nilai-nilai tradisi, Kondisi Solidaritas masyarakat desa, dan nilai nilai solidaritas dalam ruwah desa.

Keywords


Nilai-Nilai Tradisi, Solidaritas, Ruwah Desa

Full Text:

PDF

References


. Afrianti, M., & Brata, D. P. N. (2020, September). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Eksistensi Budaya Tayub Di Kelurahan Warujayeng Nganjuk. In Prosiding Conference On Research And Community Services (Vol. 2, No. 1, Pp. 862-870). ttps://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/CORCYS/ article/view/1696.

. Islahudin, M., Anshoriyah, S. D., Hidayatullah, A. F., Thiyas Tono, T., Rahman, L., Tafsir, T., ... & Azizah, M. (2022). Tradisi weh-wehan masyarakat kaliwungu kendal dalam perspektif perdamaian. Jurnal Studi Agama dan Masyaraka, 18(2), 94-101.

. Chairunisa, E.D., 2018. Jurnal sejarah dan pembelajaran sejarah. Kalpataru, [daring] 4(1), hal.17–28. Tersedia pada: .

. Pratiwi, C.A., 2017. Harai : Telaah Konsep Religi Koentjaraningrat. Japanology, [daring] 5(2), hal.173–185. Tersedia pada: .

. Masruroh, N., Rahman, A. dan Hermawan, Y., 2021. Eksistensi sedekah bumi di era modern: Desa wisata Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(2), hal.268–283.

. Afifah, K.R., 2019. Pandangan Negatif Masyarakat terhadap Tradisi Sedekah Laut di Rembang. [daring] Tersedia pada: .

. Ningsi, J., Bahari, Y. dan Fatmawati, 2020. Analisis Nilai-nilai Solidaritas dalam Tradisi Beduruk Pada Etnis Dayak Banjur Kabupaten Sintang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), hal.1–11.

. Saputra, E., Syahputra, I. dan Setyo, B., 2020. Pemberitaan Media Online: Studi Kasus Konflik Budaya “Sedekah Laut” Di Pantai Baru, Ngentak, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(2), hal.175.

. Studies, C., Prasasti, I., Indigeneous, K., Kearifan, M.N., Tradisi, L., Bumi, S. dan Jawa, B., 2020. No Title. 14(2), hal.110–124.

. R, I.Y.A., n.d. KONVENSI TRADISI JAWA DAN ISLAM MASYARAKAT SRATUREJO BOJONEGORO. 16(1), hal.100–110.

. Julniyah, L. dan Ginanjar, A., 2020. Pewarisan Nilai-Nilai Sedekah Bumi Pada Generasi Muda Di Dusun Taban Desa Jenengan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(2), hal.139–145.

. Taufiq, A. M., Rosyad, R., & Kuswana, D. (2023). Dampak Tradisi Sedekah Bumi terhadap Kerukunan Umat Beragama di Blitar, Jawa Timur. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 3(1), 117–130. https://doi.org/10.15575/jis.v3i1.24271

. Perubahan, K., Nur, M., Abdullah, A., & Nurlaena, L. (2022). Jurnal Humanitas Sauyunan : Solidaritas Masyarakat dalam Proses Pelaksanaan.

. Chairunisa, E. D. (2018). Jurnal sejarah dan pembelajaran sejarah. Kalpataru, 4(1), 17–28. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/ Kalpa/article/view/2494


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.