MARGINALISASI GENDER DALAM BERITA ONLINE TRIBUNNEWS.COM KASUS PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP MAHASISWI (ANALISIS WACANA SARA MILLS)

Silvina Nur Aini, Susi Darihastining, Diana Mayasari

Abstract


Sara Mills tokoh analisis wacana kritis yang titik perhatiannya membahas bagaimana perempuan digambarkan dan dimarginalisasikan dalam teks berita, yang menekankan posisi aktor ditampilkan dalam sebuah teks. Berbagai pemberitaan tentang perempuan menjadi korban pelecehan seksual dapat direpresentasikan dalam sebuah wacana seperti kasus pelecehan seksual terhadap mahasiswi yang terjadi di kota Riau pada bulan November 2021. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan marginalisasi unsur posisi subjek-objek dalam berita online kasus pelecehan seksual terhadap mahasiswi. (2) Mendeskripsikan marginalisasi unsur posisi penulis-pembaca dalam berita online kasus pelecehan seksual terhadap mahasiswi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa fenomena terdapat dalam data. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, pembacaan data, pemberian tanda, dan pengkodean data. Analisis data menggunakan tabulasi, deskripsi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan marginalisasi gender terhadap perempuan pada posisi subjek ditampilkan oleh mahasisiwi sebagai korban dan penulis tribunnews.com. Penulis menghadirkan pembaca dalam penceritaan dengan dua cara yaitu secara langsung pemakaian kata ganti (integral), penyapaan tidak langsung dengan mediasi memahami karakter korban dan kode budaya nilai sosial yang informasi kebenaranya diakui bersama. Marginalisasi gender pada perempuan sebagai korban pelecehan seksual dalam penelitian ini termarginalisasi berupa (Violence) pelecehan fisik, deksriminasi, steoretype tentang wanita terpojok, tertindas lemah dan tidak berdaya, merasa ketakutan, terhina, kegelisahan yang mengakibatkan gangguan psikologis.

Keywords


Marginalisasi, Analisis Wacana, Sara Mills, Berita Online

Full Text:

PDF

References


. Aini, S. N., & Mayasari, D. (2022). Marginalisasi Gender dalam Berita Online Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Mahasiswi. Journal of Education Research, 3(4), 199-207.

. Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana.

. Darma, Aliah Yoce. 2014. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya

. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara

. Hidayat, H., Hamdani, A., & Suherman, E. (2022). POSISI WANITA DIBALIK BERITA (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Marjinalisasi Wanita dalam Berita Online Pelecehan Karyawati di RS Solo). Lingua Sastra, 2(2), 56-67.

. Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Pravitri Retno Widyastuti.2021. Profil SH, Dekan FISIP Unri Diduga Lecehkan Mahasiswinya, Mengaku Terkejut saat Dengar Kabar. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:YNof4d_hgwoJ:https://www.tribunnews.com/tag/dugaan-pelecehan-seksual-di-fisip-unri&cd=1&hl=ban&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d diakses pada 2 desember 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.