SPEECH STYLE COMMUNICATION ON EFL CLASSROOM IN SENIOR HIGH SCHOOL

Sulistiani Mashitoh, Muhammad Saibani Wiyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gaya komunikasi guru pada kelas EFL di SMAN Jogoroto. Penelitian dalam artikel ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dimana peneliti menyajikan hasil dalam bentuk diagram batang dengan penjelasan hasil. Peneliti menganalisis Gaya bicara menggunakan teori Chaika (1982) dengan 9 jenis. Hasil temuan menunjukkan 57 ujaran yang termasuk Gaya bicara dengan total 8 jenis, yang dalam penelitian ini meneliti 9 jenis. Diantaranya adalah 2 ujaran yang termasuk dalam Frozen Style, kemudian 7 ujaran yang termasuk dalam Formal Style. 10 ujaran yang termasuk Gaya Konsultatif, Gaya Santai 12 ujaran. 21 ujaran yang termasuk dalam Informal Style dan 3 ujaran yang termasuk dalam Serious Style. Terakhir, 1 tuturan yang termasuk Gaya Ironis dan Humor. Kemudian Gaya bicara yang tidak terdeteksi ditemukan pada Intimate Style. Kesimpulannya, penggunaan Gaya bicara dalam pembelajaran tetap membuat siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan guru dapat berekspresi dengan bijak

Keywords


Gaya bicara, sosiolinguistik, kelas EFL

Full Text:

PDF

References


Chaika, E. (1982). Language the social mirror. Massachusset: Newbury House Publish Inc.

. Creswell. (2009). Research Design : qualitative, quantitative and mixed method approaches. University of Nebraska.

. Georgieva, M. (2014). Introducing Sociolinguistics. St. Kliment Ohridski University of Sofia.

. Joos, M. (1967). The Five Clocks. New York : Harcourt, Brace and World.

. Marpaung , T. I. (2019). Politeness Strategy Among Teachers And Students In EFL Classroom. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 24(4), 51-55. Dipetik May 2019

. Poai, S. T. (2017). TEACHER’S SPEECH STYLE IN TEACHING ENGLISH. sintuwumarosoJET, 3(1), 21-26.

. Ridianto, & Efwan, D. (2018). Students’ Perception On Language Style Used By English Lecturers In The Classroom. Jurnal Basis UPB, 5, 39-44.

. Situmorang, R. K. (2021). AN ANALYSIS OF SLANG LANGUAGE STYLES USED IN CHARLIE’S ANGELS MOVIE. Journal of English Educational Study (JEES), 4(1 ), 21-29.

. Syuhada, R. F. (2020). LANGUAGE STYLES USED IN EDUCATIONAL ADVERTISEMENT OF THE JAKARTA POST NEWSPAPER. english education journal, 303-315.

. Wiyanto , M. S., & Solikhah, M. (2019). Gaya Bahasa sebagai Alternatif Komunikasi Guru Bahasa Inggris dalam Mengajar di Kelas. 6-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.