PELATIHAN PEMAHAMAN SUBSTANSI DIMENSI NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH PENGGERAK MELALUI CERITA ANIMASI INTERAKTIF

Diah Puji Nali Brata, Edy Setiyo Utomo, Ahmad Farhan

Abstract


Dimensi Profil Pelajar Pancasila memiliki makna yang signifikan bagi Sekolah Penggerak terutama dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas pada kurikulum Merdeka Belajar. Internalisasi setiap dimensi, elemen dan sub elemen dari Profil Pelajar Pancasila masih dapat dikatakan belum maksimal. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan penguatan dan pemahaman tentang subtansi Profil Pelajar Pancasila serta implementasinya melalui cerita animasi interaktif. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Jipurapah pada 16 guru mata pelajaran dan muatan lokal. Metode pelaksanaan pengbadian terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Indikator keberhasilan dari kegiatan bahwa hasil angket lebih dari 70%. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru-guru sangat tertarik dengan model cerita animasi interaktif yang berjudul “Cerita Si Panca dan Asyla di Bukit Jipurapah”. Dalam cerita animasi interaktif menyajikan alur cerita yang mudah di adaptasi oleh siswa karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Di samping itu, cerita animasi interkatif ini disajikan dalam bentuk online maupun offline melalui media handpone maupun laptop. Dari 16 guru di SMPN Satu Atap Jipurapah menyatakan kegiatan pengabdian sangat baik sebanyak 12 guru atau sebanyak 73%, sedangkan yang menyatakan baik sebanyak 4 guru atau sebesar 27%. Adapun tidak ada guru yang menyatakan kurang baik atau sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dapat dikatakan berhasil dan sukses karena sudah melampaui batas minimal dari indikator yaitu 70%.  Dengan kata lain bahwa adanya peningkatan pemahaman dari guru-guru di SMPN Satu Atap Jipurapah terhadap dimensi, elemen dan sub elemen nilai Profil Pelajar Pancasila.

Keywords


Pemahaman, Profil Pelajar Pancasila, Cerita animasi Interaktif

Full Text:

PDF

References


. Abichandani, P., Iaboni, C., Lobo, D., & Kelly, T. (2023). Artificial intelligence and computer vision education: Codifying student learning gains and attitudes. Computers and Education: Artificial Intelligence, 5(August), 100159. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100159

. Azis, A. A., Arifin, A. N., & Daud, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Digital ISpring bagi Guru Sekolah Menengah kabupaten Gowa. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24431

. Brata, D. P. N., & Utomo, E. S. (2022). The Influence of Students ’ Religiosity , Critical Attitude , and Creativity on Self-Concept during Hybrid Learning. 12(3), 27–32. https://doi.org/10.9790/7388-1203032732

. Kemdikbud. (2017). Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter, Pusat Analisis Dan Sikronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal. 17(5), 684–694. https://doi.org/10.1016/j.smr.2019.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.smr.2009.02.001%0Ahttps://scholarship.shu.edu/student_scholarship

. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 43–45. http://repositori.kemdikbud.go.id/18051/1/1. Panduan Penilaian SMP - Cetakan Keempat 2017.pdf

. Mózo, B. S. (2017). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

. Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069

. Yoshida, Y., Uno, T., Tanaka, H., Hakosaki, I., Shigeta, K., & Yano, R. (2022). Cognitive changes with psychomotor skill acquisition through blended learning among nursing students: A qualitative study. Nurse Education in Practice, 65(October), 103486. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2022.103486


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.