PKM BUDIKDAMBER DALAM PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT KAMPOENG PINTAR OASE TEMBOK GEDE, SURABAYA

Freshinta Jellia Wibisono, Santirianingrum Soebandhi, . Masfufatun, Freegied Satriya Wibisono, Adi Candra, . Al fardiansyah, Mutia Isnaeni, Afif Fajrul Islam, Ismul Jalal, Andi Oktaviana Mentari, Seryna Hasna Qurraty’ain

Abstract


Masyarakat Kampoeng Pintar Oase Tembok Gede Kota Surabaya merupakan Masyarakat ekonomi non produktif di kampung dengan gang sempit yang letaknya dipusat tengah kota Surabaya. Dahulu, kampung ini merupakan daerah yang gersang dan kumuh, dengan adanya dukungan bantuan dari pemerintah kota, kampung ini mulai berbenah. Dukungan permodalan lebih lanjut perlu diupayakan untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama pada aspek ketahanan pangan dan peningkatan pendapatan. Budikdamber merupakan inovasi yang bisa dilakukan, yaitu dengan memelihara atau budidaya ikan dan berkebun sayur meskipun pada lahan yang sempit. Profil masyarakat yang memiliki keinginan dan kreatifitas yang tinggi, menjadi faktor utama pendukung keberhasilan program ini. Tujuan: Pelaksanaan pengabdian kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat Kampoeng Pintar Oase Tembok Gede Kota Surabaya, melalui dukungan pelatihan budidaya ikan dalam ember, pelatihan pengolahan pasca panen, pengemasan dan pemasaran melalui digital marketing. Tahapan metode pengabdian: untuk mengatasi permasalahan mitra pengabdian dilaksanakan beberapa metode pelaksanaan, dimulai dari tahap solusi bidang produksi, dengan pemberian bantuan berupa peralatan budikdamber beserta dengan kelengkapan benih lele dan lobster. Penerapan budikdamber sebagai pengembangan sistem akuaponik diharapkan mampu menjadi solusi ketahanan pangan bagi warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Tahap kedua meliputi solusi bidang manajemen usaha. Luaran Peningkatan pemberdayaan masyarakat berupa peningkatan keterampilan mitra dalam budidaya ikan dalam ember, sebagai upaya untuk peningkatan ketahanan pangan dan peningkatan pendapatan ekonomi

Keywords


Budikdamber, Kampoeng pintar, Oase Tembok Gede, Surabaya

Full Text:

PDF

References


Oase Tembok Gede. Profil Kampung Pintar Oase Tembok Gede. 2022.

. Pemerintahan Surabaya. Kelurahan Bubutan: Bagian Pemerintahan. Sidoarjo; 2022.

. Arif Z. Kampung Pintar Oase Tembok Gede Bubutan Surabaya, Warga Ciptakan Robot dan Spot Foto Kekinian - Surya. Surabaya; 2022.

. Setiyaningsih D, Bahar H, Iswan I, Al-Mas’udi RAA. Penerapan Sistem Budikdamber Dan Akuaponik Sebagai Strategi Dalam Memperkuat Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19. Pros Semnaskat LPPM UMJ. 2020;1–10.

. Hermawan A, Amanah S, Fatchiya A. Participation of Fish Farmers in Aquaculture Farming Group in Tasikmalaya District West Java. J Penyul. 2017;13(1):1.

. Masitoh N, Sudaryanti DS, Munawar AH, Rahmawati M. Optimalisasi kawasan rumah pangan lestari dengan budikdamber untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di masa pandemic covid19 di Desa Sukamahi Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1(3):111–22.

. Sugiharti RR, Viana CDN, Khabibah NA. Budikdamber (Budidaya Tanaman dan Ikan dalam Ember) untuk Mendukung Program Kampung Organik di Kampung Dumpoh Kota Magelang. Civ Minist. 2020;4(1):34–40.

. Aini F, Asra R, Maritsa H, Yusuf AI, Sazali A. Implementation of Fish Aquaculture Techniques in Bucket (Budikdamber) in The Community of Talang Inuman Muara Bulian Village. J Rural Urban Community Empower. 2020;2(1):29–36.

. Widyastuty AASA, Suning, Rohmadiani LD, Rukmana SN, Shofwan M, Tribhuwaneswari AB. Penerapan Budikdamber dalam upaya ketahanan pangan keluarga di era pandemi covid-19. J Abadimas Adi Buana. 2022;6(01):38–48.

. Piliang A, Sinaga M, Marpaung F, Febrian D, Sagala PN. “Budikdamber” Upaya Ketahanan Pangan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kecamatan Medan Area. J Pemberdaya Masy. 2021;IX(1):47–59.

. Mojokerto DK. Akuaponik Di Lahan Sempit Dengan “Budikdamber” (Budidaya Ikan Dalam Ember)No Title [Internet]. 2023. Available from: https://disperta.mojokertokab.go.id/artikel/akuaponik-di-lahan-sempit-dengan-budikdamber-budidaya-ikan-dalam-ember-1595992989


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.