SCREENING DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DAN PENINGKATAN KESEHATAN JASMANI ROHANI (SIDIK JARI)

Mei Lestari Ika Widyyati, . Ahmadi

Abstract


Anak merupakan aset penerus bangsa yang harus dijaga dan dirawat agar bisa menjadi SDM  yang berkualitas. Agar menjadi SDM yang berkualitas maka diperlukan gizi serta pola asuh yang baik untuk menujang pertumbuhan dan perkembanganya. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan tahapan penting yang harus dipantau agar dapat berjalan sesuai dengan usianya, Anak di Indonesia perlu mendapat perhatian serius terutama anak usia dini yaitu untuk dengan mendapatkan gizi yang baik, stimulasi yang memadai serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan berkualitas termasuk deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi genetiknya dan mampu bersaing di era global. Tujuan: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meninggkatkan derajat kesehatan baik secara jasmani dan rohani dengan melakukan senam, berdoa bersama, serta memantau pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini di RA. Nahdlatul Athfal Gersempal sehingga apabila ditemukan adanya penyimpangan bisa segera ditangani. Metode: Metode pelaksanaan kegiatan ini yang pertama adalah diawali dengan melaksanakan senam terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan membaca doa bersama-sama,  melakukan screening pertumbuhan (mengukur BB, TB dan LK) setelah itu anak dilakukan pemeriksaan perkembangan dengan menggunakan Kuisioner Pra Screening Perkembangan (KPSP). Hasil: Dari hasil pengukuran TB anak di dapatkan 85,71% anak usia dini dengan tinggi badan normal sesuai dengan umurnya 85,71 % anak usia dini perkembangannya sesuai dengan umurnya. Kesimpulan: Hasil penelitian didapatkan  sebanyak 77,14 % pertumbuhan anak usia dini dalam kategori baik.  Hasil pertumbuhan berdasarkan tinggi badan sesuai umur anak di dapatkan 85,71% anak dalam kategori normal. Hasil perkembangan anak usia dini didapatkan 85,71% dalam kategori sesuai dengan usianya. Hendaknya sebagai orang tua, dapat memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya dengan cara menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Keywords


Deteksi Dini, Tumbuh Kembang, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


. IDAI (2014). Pedoman Penatalaksanaan. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Bakti Husada.

. Dian Adriana. (2013). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada anak. Edisi II. Jakarta: Salemba Medika

. Hasdianah, dkk.(2014). Gizi Pemanfaat Gizi, Diet dan Obesitas. Yogyakarta: Nuha Medika

. Hurlock B, Elizabeth. (2012). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

. IDAI (2014). Pedoman Penatalaksanaan. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Bakti Husada.

. Kemenkes . (2011). Strandar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak, Jakarta: Kemenkes RI

. Merryana Adriani, Bambang Wirjatmadi. (2012, 2014) Pengantar Gizi Masyarakat, Kencana Prenada

. Rindu, faisal, dadang, (2013) Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif Dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Pra Sekolah Jurnal penelitian gizi dan makanan, 6(1) hal. 62-72

. Soetjiningsih dan Ranuh. (2012, 2014).Tumbuh Kembang Anak. Edisi 2. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.