ECOPRENEURSHIP EDUCATION BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN DARI BARANG BEKAS BAGI GURU MI MADINATUL ULUM JOMBANG

Fitri Umardiyah, Dian Kusuma Wardani, Anggun Wulandari

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru tentang ecopreneurship education melalui pembuatan media pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas atau barang barang yang sudah tidak terpakai. Sehingga barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti baju tak terpakai (limbah fashion) dapat digunakan  untuk membuat media pembelajaran yang dapat membantu siswa maupun guru untuk kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan kemitraan masyarakat ini dengan ceramah, demonstrasi dan praktik. Produk dari kegiatan pelatihan pembuatan media ini dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga kegiatan belajar lebih menyenangkan dan siswa mudah menerima dan memahami pelajaran. Media berupa gantungan kunci dimensi tiga yang dapat digunakan sebagai media pengenalan bentuk bangun. Kegiatan kemitraan masyarakat ini dilaksanakan di MI Madinatul Ulum dengan mitra sasaran sebanyak 30 guru. Kegiatan ini dilaksanakan pada 15 dan 16 Agustus 2023. Hasilnya berupa peningkatan keterampilan guru, guru dapat membuat gantungan kunci dari kain baju tak terpakai (limbah fashion). Gantungan kunci merupakan benda yang melekat pada siswa sekolah dasar kelas bawah, siswa suka menggunkan gantungan untuk tas. Media yang dipakai oleh siswa setiap hari akan membuat mereka belajar dimanapun tanpa harus menunggu penggunaan media di kelas saja

Keywords


ecopreneurship education, barang bekas, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Fadlillah, Muhammad. 2014. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gafur, Abdul dkk. 2016. Pekerti Buku 2. Yogyakarta: UNY Press

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).

Sari, A. A. P., & Habib, M. A. F. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41-58.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Anih, E. (2015). Ecopreneurship Education Berbasis Prakarya dalam Kurikulum 2013. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 113-121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.