PELATIHAN KARYA ANYAM SIMPAI DALAM UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SD

Wahyu Nugroho, Agus Budi Santosa, Angga Setiawan

Abstract


Anyaman simpai merupakan salah satu hasil karya produk lokal yang bernilai ekonomis. Hal ini menjadi salah satu potensi untuk membantu masyarakat dalam melestarikan kearifan lokal sekaligus dalam menumbuhkan jiwa kewirasuahaan pada generasi muda khususnya di daerah desa jajar kecamatan gandusari kabupaten Trenggalek. Karya anyam simpai menjadi salah satu bentuk kearifan lokal desa jajar yang terbuat dari bahan baku tali simpai seperti plastik. Anyaman ini memiliki pesan filosofis dari yang tersirat dalam pembuatannya. Pesan kearifan lokal terletak pada disain anyaman tali yang sejajar dengan variasi warna yang berjajar rangkap, hal ini diambil dari nama desa jajar dalam bahasa jawa yang artinya sepadan atau bersanding. Namun permasalahan yang muncul ketika hanya terdapat satu pengrajin simpai yang bertahan sampai sekarang, di tambah dengan usia yang sudah tua menjadikan produk lokal anyaman ini terancam punah, selain itu belum adanya kesadaran dan sosialisasi dari pemerintah desa untuk melibatkan generasi muda khususnya pada jenjang sekolah dasar, oleh sebab itu diperlukanya pewarisan keterampilan ini kepada generasi muda khususnya pada anak-anak yang ada di sekitar desa jajar dengan mengandeng mitra SDN 1 dan SDN 2 Jajar dengan melibatkan wali murid. Tujuan pengabdian masayarakat ini untuk memberikan pelatihan dalam menumbuhkan kepedulian melestarikan kearifan lokal dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi siswa sekolah dasar khususnya pada siswa kelas tinggi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan mengadakan pelatihan dan sosialisasi, Sehingga produk lokal anyaman simpai dapat di lestarikan dan di kembangkan di kalangan masyarakat orangtua siswa pada lingkup pendidikan sekolah dasar dan paguyupan kelas

Keywords


Pelatihan, Anyam Simpai, Kearifan Lokal, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


A. B. Santosa, W. Nugroho, and W. Nurmalasari, “Peningkatan Pemahaman Pola Asuh Orang Tua Melalui Program Parenting Education,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 5, pp. 3818–3828, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i5.10271.

A. Krisdayanthi, “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Aud Sebagai Bekal Kecakapan Hidup,” Pratama Widya J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 20–27, 2019, doi: 10.25078/pw.v3i2.734.

P. Rachmadyanti and V. D. Wicaksono, “Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar,” Semin. Nas. Inov. Pendidik., p. 200, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/download/8960/6521.

R. F. Kamilah, “Implementasi Program Business Day dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan DI SD AL Hikmah Surabaya,” J. Mhs. Unibersitas Negeri Surabaya, 2015.

A. B. Santosa, Y. Basuki, and A. M. I. Puspita, “The Effectiveness of Local Wisdom-Based Teaching Materials in Enhancing Creative Writing Skills of Elementary School Students,” J. English Lang. Teach. Linguist., vol. 4, no. 3, p. 349, 2019, doi: 10.21462/jeltl.v4i3.326.

Radawiyah, “Strategi Pemasaran Kerajinan Simpai Dayak Meratus (Studi Perbandingan Desa Kiyu Batang Alai Timur dan Desa Ajung Tebing Tinggi Kalimantan Selatan),” IAIN Palangka Raya, Palangka raya, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.