DISEMINASI TEKNOLOGI BIOBRIKET DARI PENGOLAHAN LIMBAH TONGKOL JAGUNG PADA KELOMPOK MASYARAKAT PENGRAJIN ARANG DI DESA ASEMGED

. Ashlihah, . Purbowo, Dyah Ayu Sri Hartanti

Abstract


Urgensi kegiatan pengabdian ini yaitu dalam mendukung agenda SDGs ke 12 (Responsible Consumption and Production) yang memanfaatkan limbah organik tongkol jagung untuk diolah menjadi briket sebagai sumber energi terbarukan. Hal ini didukung dengan potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia di desa Asemgede yang mayoritas pendudukanya adalah petani dan pengerajin arang. Petani sekitar menerapkan pola tanam padi pada musim tanam (MT) 1 bulan Oktober hingg Maret dan jagung pada MT 2 bulan Maret-Agustus. Sehingga pada MT 2 ini banyak tongkol jagung yang akan berserakan dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Tujuan kegiatan ini untuk memecahkan dua aspek masalah yaitu produksi dan pemasaran. Permasalahan pada aspek produksi dilakukan melalui pelatihan teknologi pengolahan dan penyimpanan briket. Sedangkan permasalahan pada aspek pemasaran dilakukan melalui pelatihan pemasaran ekspor. Parameter kuantitatif yang digunakan untuk mengukur ketercapaian kegiatan yaitu dengan skor 1 hingga 9 dengan membandingkan nilai sebelum (pre tes) dan sesudah pelaksanaan kegiatan (post tes). Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mitra dalam pengolahan tongkol jagung menjadi briket yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Keywords


arang, asemgede, biobriket, teknologi, tongkol jagung

Full Text:

PDF

References


. Syelima, A. dkk. (2022). Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung Menjadi Produk Bernilai Komersil: “Briket Tongkol Jagung.

. Meilianti. (2020). Pembuatan Karbon Aktif Dari Arang Tongkol Jagung Dengan Variasi Konsentrasi Aktivator Natrium Karbonat (Na 2 CO 3 ) (Vol. 5, Nomor 1).

. Lestari, L., Jurusan Fisika, M., Haluoleo Kampus Bumi Tridharma Anduonohu, U., & Tenggara, S. (2010). Analisis Kualitas Briket Arang Tongkol Jagung Yang Menggunakan Bahan Perekat Sagu Dan Kanji (Vol. 6)

. Ernawati, E., & Ayu Susilowati, D. (2020). Uji Kualitas Briket Dari Tongkol Jagung Dengan Perekat Kanji/Pet Dan Komposisi Gas Buang Pembakarannya. Dalam Jurnal Ilmu dan Inovasi Fisika) (Vol. 04, Nomor 02)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.