PERBEDAAN MOTIVASI INTRINSIK AKADEMIK SISWA YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Suhudi Suhudi, Meilina Juwita Andini, Muhammad Gadafi

Abstract


Perbedaan tingkat kesulitan tugas, tantangan dan hambatan yang dilalui membuat tingkat motivasi intrinsik akademik siswa bekerja dan tidak bekerja berbeda. Rumusan masalah dari penelitian ini: (1) Bagaimana tingkat motivasi intrinsik akademik siswa yang bekerja di SMA PGRI Ngoro?, (2) Bagaimana tingkat motivasi intrinsik akademik siswa yang tidak bekerja di SMA PGRI Ngoro?(3) Bagaimana perbedaan motivasi intrinsik akademik siswa yang bekerja dan tidak bekerja SMA PGRI Ngoro?Penelitian dilaksanakan dengan mengunakan rancangan deskriptif komparatif pada 10 siswa bekerja dan 20 siswa tidak bekerja. Pengumpulan data mengunakan angket dan inventori yang diadopsi dari Regina M. Shia. Data selanjutnya dianalisis mengunakan teknik independent t-test.Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa bekerja maupun tidak bekerja memiliki motivasi intrinsik akademik yang berada dalam kategori sedang. Namun, berdasarkan mean dari nilai keduanya, siswa tidak bekerja memiliki motivasi intrinsik akademik yang lebih tinggi dari pada siswa yang bekerja. Jadi, ada perbedaan motivasi intrinsik akademik dari siswa bekerja dan tidak bekerja di SMAN PGRI Ngoro.Berdasarkan hasil penelitian, maka di sarankan (1) konselor dapat memberikan layanan yang efektif mengingat kedua kelas perlu mendapatkan perhatian yang lebih khusus dan (2) untuk peneliti selanjutnya hendaknya menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor di lapangan yang mempengaruhi perbedaan motivasi intrinsik akademik siswa bekerja dan tidak bekerja.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2011.PsikologiBelajar.Jakarta : Rineka Cipta

Jacinta, R.F. (2002). Stress Kerja. Team e-Psikologi.com. http://www.baliusaha-com/content/view/333/2/. Diaksespadatanggal 21 November 2019

Motte , A & Schwartz, S. (2009). Are student employment and academic success linked?. Canada Millenium Research Note. [On-line]. Available FTP: http://www.milleniumscholarships.ca/images/publications/090415_Student_Employment_RN9.Pdf.Diaksespadatanggal 24 November 2019

Rukmoroto, Galih. (2012). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa ditinju dari Status Bekerja. Semarang : Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.

Shia, MR.1998. Intrinsic Motivation and Akademic Achievement. Remedial and Spesial Education.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v3i2.1470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/