PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), JUMLAH PELANGGAN, DAYA YANG DIKONSUMSI TERHADAP PAJAK PENERANGAN JALAN DI KABUPATEN LUMAJANG

Isnan Murdiansyah, Nanik Wahyuni, Yona Octiani Lestari

Abstract


Pemerintah daerah diperkenankan untuk melakukan pemungutan pajak daerah sesuai dengan Undang-Undang No.28 Tahun 2009. Pemungutan pajak daerah di suatu Daerah disesuaikan dengan potensi dan kebijakan daerah yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda). Target penerimaan pajak penerangan jalan di Kabupaten Lumajang yang ditetapkan setiap tahun selalu ditingkatkan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Sedangkan jika dilihat dari pencapaiannya selalu melebihi target yang ditetapkan akan tetapi hal itu tidak selaras dengan pertumbuhannya. Hal ini mengindikasikan realisasi penerimaan pajak penerangan jalan di Kabupaten Lumajang belum sesuai dengan potensi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh domestik regional bruto (PDRB), Jumlah pelanggan dan daya yang dikonsumsi terhadap pajak penerangan jalan di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan data sekunder periode 2005-2014. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metod deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi pada data yang sudah diinterpolasi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa PDRB, jumlah pelanggan dan daya yang dikonsumsi dapat mempengaruhi pajak penerangan jalan di Kabupaten Lumajang dan variabel independen tersebut berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap penerimaan pajak penerangan jalan di Kabupaten Lumajang. Dan hasil perhitungan kontribusi pajak penerangan jalan terhadap PAD menunjukkan hasil yang bagus.


Full Text:

PDF

References


Bachtiar, Y. S. (2003). Hubungan antara manajemen laba dengan tingkat pengungkapan laporan keuangan (Doctoral dissertation, FE-UI).

Hasanudin Z, dkk. (2011). Survei dengan GPS. Bandung: Penerbit ITB

Indrakusuma, A. W., & Handayani, H. R. (2011). Potensi Penerimaan dan Efektivitas Pajak Penerangan Jalan di Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Judisseno, R. K. (1997). Pajak dan Strategi Bisnis: Suatu Tinjauan tentang Kepastian Hukum dan Penerapan Akuntansi di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Kirana, A. (1996). Etika bisnis konstruksi. Penerbit Kanisius.

Koswara, E. 2000, Menyongsong Pelaksanaan Otonomi Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999, CSIS: Jakarta

Kuncoro, Mudrajad. 2004, Otonomi dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang, Erlangga: Jakarta

Mangkoesoebroto, G. (1998). Kebijakan Ekonomi Publik di Indonesia: Substansi dan Urgensi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Musgrave, R., & Musgrave, P. (1993). Tax equity with multiple jurisdictions. Taxation in a Sub-national Jurisdiction.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2001. 2001, Tentang Pajak Daerah, Departemen Dalam Negeri.

Pradita, Alam. 2009, Potensi Pengembangan Pajak Daerah, BPFE: Yogyakarta.

Santoso, Singgih. 2000, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Elex Media Komputindo: Jakarta

Sutrisno. 2002, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah (Studi Kasus: Kabupaten Semarang), tesis, Universitas Diponegoro

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999, 1999. Tentang Pemerintah Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009, 2009. Tentang Pajak Daerah dan Keuangan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004, 2004. Tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah Pajak Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2000, 2000. Tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah Pajak Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Veronika, Winarti. 2003. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah Kabupaten dan Kota di Propinsi Jawa Tengah (Tahun 1998-2001), Tesis, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Wahyudin, Y. 2004. Karakteristik Sumberdaya Pesisir dan Laut Kawasan Teluk Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Makalah. Institut Pertanian Bogor. Bogor




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v3i2.1473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/