PENGEMBANGAN SANTRIPRENEUR DI PONDOK PESANTREN FATHUL ULUM JOMBANG

Aslihah Aslihah, M. Ainul Yaqin

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang Pengembangan Santripreneur di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui usaha apa saja yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Fathul Ulum dalam pengembangan ekonomi berbasis pesantren dan mengetahui cara pengembangan santripreneur di Pondok Pesantren Fathul Ulum. Pengumpulan data melalui wawancara (interview) dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung dengan pengasuh Pondok Pesantren Fathul Ulum, observasi dilakukan dengan sowan dan wawancara secara langsung kepada pengasuh dan santri Pondok Pesantren Fathul Ulum, dan dokumentasi dengan mencari data data sejarah dan foto sebagai pelengkap data primer. Teknik analisis datanya adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclision drawing/verification. Melalui penelitian ini diketahui Pondok Pesantren Fathul Ulum memiliki beberapa usaha namun yang dominan yaitu usaha dalam bidang pertania, peternakan, dan bengkel las. Cara pengembangan santripreneur dengan menggunakan analisa yang dilakukan oleh pengasuh dan pengurus kemudian hasil dari analisa akanterlihat sebuah passion yang dimiliki.


Keywords


Santripreneur, Development

Full Text:

PDF

References


Dewi Laela Hilyatin. (n.d.). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Berbasis Madrasah Santripreneur di Pondok Pesanren Darussalam. 132–143.

Machendrawati, A. S. A. (2021). Pengembangan Masyarakat Islam dari ideologi, Strategi, Sampai Tradisi. 166.

Nailis Sa'idatur Rohmah, A. A. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TRAINING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN ENTREPRENEURSHIP KNOWLEDGE CURIOSITY DIKALANGAN MAHASISWA UNWAHA. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(2), 41-48. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/506

Sholikhah, M. (2020). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri (Studi Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang). Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Sugiyono. (2016). Metode Pene;litian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Toha Masum, & Muh Barid Nizarudin Wajdi. (2018). Pengembangan Kemandirian Pesantren Melalui Program Santripreneur. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.29062/engagement.v2i2.40




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.2122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/