PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK WIRAUSAHA MAHASISWA: QUELPIDA

Tri Yanti, Ruly Adhitya, Silma Syifa Aryuni, Sesillia Sesillia, Shiva May Vazri, Siska Nurawalia, Ayang Armelita Rosalia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana untuk melakukan pemasaran pada Produk Wirausaha Mahasiswa: Quelpida. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penggunaan teknologi informasi dan manfaatnya pada pemasaran yang dilakukan oleh Quelpida dalam penggunaan media sosial dan e-commerce. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung dengan beberapa narasumber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivis. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti berinteraksi dengan ketua pelaksana Quelpida dan beberapa narasumber sebagai informan tentang tema penelitian ini. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah media sosial instagram dan e-commerce shopee merupakan tempat yang cocok sebagai media pemasaran Quelpida dalam mempromosikan produknya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualiltatif sehingga dapat membantu dalam melihat berbagai aspek realitas yang terjadi dalam promosi yang dilakukan oleh Quelpida dalam memanfaatkan teknologi informasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media sosial mampu meningkatkan margin keuntungan, memperluas pangsa pasar, meningkatkan volume penjualan, dan meminimalkan biaya pemasaran. Selain itu dalam pemanfaatan e-commerce dapat memudahkan proses pemesanan dan pembelian sehingga pembeli dapat berinteraksi secara langsung dengan penjual.  


Keywords


Paper Quilling, Media Sosial, Ecommerce, COVID-19, Quelpida

Full Text:

PDF

References


Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia. 2020. Panduan Teknis Program Mahasiswa Wirausaha. URL: https://fpsd.upi.edu/wp-content/uploads/2020/11/Panduan-PMW-Ditmawa-UPI-Tahun-2020.pdf . Diakses 30 Januari 2022

Istiyanatul, M., dan Sofie, Y.P. 2021. Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pamdemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan E-Commerce Pada Kab. Sumenep. BAJ (Behavioral Accounting Journal). 4(1). 239-248. https://doi.org/10.33005/baj.v4i1.119

Iwan S., dan Rahmawati, S. 2014. Pengukuran Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap SIkap Serta Dampaknya Atas Penggunaan Ulang Online Shopping pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis. 8(2). 92-100. https://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/118/142

Machmud, S., dan Sidharta, I. 2013. Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Sektor UMKM Di Kota Bandung. Jurnal Computech & Bisnis. 7(1). 56-66. https://www.jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/101/106

Nisa, H. 2016. Teknik Dasar Cara Membuat Paper Quilling yang Wajib diketahui untuk Pemula. TekooNeko. URL: https://tekooneko.com/cara-membuat-paper-quilling/ Diakses pada: 31 Januari 2022

Putra, N. 2014. Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, S., Sapputri, O.A., Affitah, dan Affiyah Z. 2019. Pemanfaatan Limbah Kertas Paper Quilling sebagai Media Pembelajaran Biologi Melatih Daya Kreativitas Mahasiswa. Proceeding of Biology Education. 3(1). 213-126. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/13108




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i2.2257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/