PENGARUH BRAND TRUST, E-SERVICE QUALITY, E-PROMOTION, DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRAVELOKA

Bahtiar Efendi, Eni Candra Nurhayati, Muhammad Fendriansyah Hidayatullah

Abstract


Traveloka merupakan e-commerce Online Travel Agent terbaik di Indonesia, tetapi tidak menjadikan Traveloka terhindar dari berbagai permasalahan terutama yang berkaitan dengan keputusan pembelian. Seperti kepercayaan konsumen yang sempat turun, meningkatnya keluhan konsumen, hingga penurunan pengunjung akibat pandemi Covid-19. Konsumen akan dihadapkan pada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembeliannya, mulai dari produk dari merek apa, bagaimana kualitas produk dan layanan yang akan diterima, mudah atau tidaknya konsumen dalam mencari informasi produk, sampai dengan kesesuaian antara produk atau jasa yang akan digunakan dengan gaya hidup yang dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand trust (X1), e-service quality (X2), e-promotion (X3), dan lifestyle (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Traveloka (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampelnya menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 120 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukan bahwa brand trust, e-service quality, e-promotion, dan lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Traveloka. Besar pengaruh brand trust, e-service quality, e-promotion, dan lifestyle terhadap keputusan pembelian sebesar 84,3 %, sedangkan sisanya sebesar 15,7% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini

Keywords


Brand Trust, E-Service Quality, E-Promotion, Lifestyle, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Adiwidjaja, A.J. & Tarigan, Z.J.H. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Jurnal Agora, Vol. 5, No. 3.

Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal SiNTESa, Vo. 1, No. 1. E-ISSN: 2797-9679.

Arifah, N. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Repurchase Intention Pada Toko Akuniwashop Klaten Di Marketplace Shopee. SKRIPSI. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Dahmiri, Hasbullah, H. & Sari, S.S. (2020). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (MANKEU), Vol. 9, No. 01. P-ISSN: 2252-8636, E-ISSN: 2685-9424.

Emeralda, Wulandari, J. & Diang Adistya, D. (2020) Analisis E-Trust, E-Wom, Dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online. Jurnal Perspektif Bisnis (JPB), Vol. 3, No. 2. Hal. 63-75. P-ISSN: 2338-1115, E-ISSN: 2721-1363.

Fajrin, A. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ovo. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol 11, No. 2. E-ISSN: 2301-8313.

Ismayanti, N.W.N., Suardana, I.W. & Negara, I.M.K. (2015). Pengaruh Kepercayaan Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Akomodasi Di Bali Pada Situs Booking.Com. Jurnal IPTA, Vol. 3 No. 1. ISSN: 2338-8633.

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahanberbelanjadan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelianbelanjaonline Di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi, Vol. 4 No. 1. ISSN : 2355 - 8865 & E - ISSN: 2356 – 2544.

Kusnanto, D., Rahma, R. & Oktaviany, R.A. (2020). Pengaruh Trust Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Ecoment Global, Vol. 5 No. 1. P-ISSN: 2540–816X, E-ISSN: 2685–6204.

Margaretha, F. (2017). Analisis Hubungan Antara Motif Dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee Sebagai Media Berbelanja Online Pada Shopeeholics Di Kota Samarinda. Journal Ilmu Komunikasi, Vol. 5 No. 4. Hal: 26-40. P-ISSN: 2502-5961, E-ISSN: 2502-597X.

Pirendra, A. (2017). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Bukalapak.Com (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). SKRIPSI. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pramezwary dkk. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Perspektif: Ekonomi & Manajemen, Vol. 19, No. 1. P-ISSN: 1411-8637, E-ISSN: 2550-1178.

Pramudita, A.S. & Agustia, R.E. (2020). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka.com. Jurnal Competitive, Vol. 15, No. 2. Hal: 108. P-ISSN: 0216-2539, E-ISSN: 2656-4157.

Primadasa, G.P. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. SKRIPSI. Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Ilmu Sosial, Universitas Pelita Bangsa.

Priyatno, D. (2016). SPSS Handbook, Analisis Data, Olah Data, & Penyelesaian Kasus-kasus Statistik. Yogyakarta: Mediakom.

Rosyidin, D.M. & Prihatini, A.E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Traveloka.com (Studi Pada Konsumen Traveloka.com Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 9, No. 2.

Sari, V.E. (2019). Pengaruh E-Wom, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka.com Di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat Dan Kereta Api). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 7, No. 4. Hal : 74-487, ISSN 2355-5408.

Sinaga, P.E. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Showroom Ivo Mobil Tritura Medan. SKRIPSI. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara.

Sitanggang, D. (2017). Pengaruh Lifestyle, Kelompok Referensi, Dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Brand Switching Smartphone Ke Merek Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Fisip Universitas Sumatera Utara). SKRIPSI. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i2.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bahtiar Efendi, Eni Candra Nurhayati, Muhammad Fendriansyah Hidayatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/