stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH BRAND TRUST, E-SERVICE QUALITY, E-PROMOTION, DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRAVELOKA (Studi Kasus Pada Konsumen Traveloka Di Kabupaten Wonosobo) | Efendi | JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)

PENGARUH BRAND TRUST, E-SERVICE QUALITY, E-PROMOTION, DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRAVELOKA (Studi Kasus Pada Konsumen Traveloka Di Kabupaten Wonosobo)

Bahtiar Efendi, Eni Candra Nurhayati, Muhammad Fendriansyah Hidayatullah

Abstract


Traveloka merupakan e-commerce Online Travel Agent terbaik di Indonesia, tetapi tidak menjadikan Traveloka terhindar dari berbagai permasalahan terutama yang berkaitan dengan keputusan pembelian. Seperti kepercayaan konsumen yang sempat turun, meningkatnya keluhan konsumen, hingga penurunan pengunjung akibat pandemi Covid-19. Konsumen akan dihadapkan pada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembeliannya, mulai dari produk dari merek apa, bagaimana kualitas produk dan layanan yang akan diterima, mudah atau tidaknya konsumen dalam mencari informasi produk, sampai dengan kesesuaian antara produk atau jasa yang akan digunakan dengan gaya hidup yang dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand trust (X1), e-service quality (X2), e-promotion (X3), dan lifestyle (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Traveloka (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampelnya menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 120 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukan bahwa brand trust, e-service quality, e-promotion, dan lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Traveloka. Besar pengaruh brand trust, e-service quality, e-promotion, dan lifestyle terhadap keputusan pembelian sebesar 84,3 %, sedangkan sisanya sebesar 15,7% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Brand Trust, E-Service Quality, E-Promotion, Lifestyle, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i2.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol