PENGARUH E-LEARNING DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA MELALUI MOTIVASI BELAJAR

Masruchan Masruchan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana E-learning dan lingkungan kampus mempengaruhi minat belajar melalui mediasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 50 orang. Teknik sampel acak digunakan untuk pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Learning dan lingkungan kampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap media pembelajaran, dengan nilai standardized Estimate e-learning sebesar 0,203 dan nilai lingkungan kampus sebesar 0,519. Dengan perkiraan baku e-learning, pengaruh langsung E-Learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar adalah positif dan signifikan.

Keywords


E-Learning; Lingkungan Kampus; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriana, A. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2),77-99.

Aulawi, H. (2017). Peningkatan motivasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan kampus. Jurnal Administrasi Kantor, 5(1), 115-122.

A study of the effect of digital learning on learning motivation and learning outcome. EURASIA Journal of Mathematics and Technology Education, 13(7), 3553-3564. Terdapat pada https://doi.org/10.12973/eurasia.2017. 00744a. Diakses 12 Desember 2018

Divayana, D. G. H. (2017). Evaluasi pemanfaat e-learning SPADA kampus menggunakan model CSE-UCLA. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXVI(2), 280-289.

Fauziah. A., Rosnaningsih A., Azhar S. (2017). Hubungan antara motivasi

belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 47-53.

Hatip, H., Listiana, Y. (2019). Minat, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam e-learning berbasis Edmodo. Jurnal Aksioma, 8(3), 485-496. Terdapat pada https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.226 1. Diakses 9 Maret 2020.

Ibrahim, D., Septumarsa, S., Siti, P. (2015). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66-79.

Kew, S. N., Petsangsri, S., Ratanaolarn, T., & Tasir, Z. (2018). Examining the motivation level of students in e- learning in higher education institution in Thailand: A case study. Educ Inf Technol, 23(6), 2947-2967. Terdapat pada https://doi.org/10.1007/s10639- 018-9753-z. Diakses 12 Desember 2018.

Kazakova, J. K., & Shastina, E. M. (2019). The impact of socio-cultural differences of formation of intrinsic motivation: the case of local and foreign students. Learning and Motivation, 15, 1-9. Terdapat pada https://doi.org/10.1016/j.lmot.2018.10. 001 . Diakses 25 Desember 2019.

Kadir, A. (2012). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Khairani, M. (2014). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Kompasiana. (2019). Meningkatkan motivasi belajar generasi milenial. Edisi 9 Juni 2019

Lin, M, H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017).

Magdalena, Y., & Napitupulu, T A. (2018). Critical factors in e-learning influencing student motivation and collaboration in indonesian higher education institution. Journal The WINNERS, 19(1), 9-19. Terdapat pada http://journal.binus.ac.id/index.php/win ners/ article/download/4244/3363. Diakses 2 Desember 2018

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran teknologi informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan. 18(1), 811-819. Terdapat pada http://jurnal.iain- bone.ac.id/index.php/ekspose

Roza, N. (2015). Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap minat belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 11, 23-38.

Sulisworo, D., & Dahlan, A. (2017). Dampak pembelajaran e-learning terhadap motivasi pada pembelajaran fisika di sekolah kejuruan, Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 1-7. Terdapat pada http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/a rticle/view/6658. Diakses 6 Januari 2019

Swastika I W. K. (2017). Pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar mahasiswa STIKOM Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 23(2), 75-88. Terdapat pada http://triatmamulya.ejurnal.info/index.p

hp/triatmamulya/article/view/93. Diakses 25 Desember 2019

Syah, M. (2010), Psikologogi pendidikan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukerti, N. M. B. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Tesis (Tidak diterbitkan). Program Magister Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Wena, M. (2018). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan, konseptual operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i1.3155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/