PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOPESPACE COFFE & EATERY INDRAMAYU

Kevin Indra Delaorent, Kosasih Kosasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Hopespace Coffee & Eatery di Indramayu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 360 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis rentang skala dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan Method of Succesive Interval (MSI), Ms. Excel 2019 dan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan diperoleh hasil rata-rata skor 1.466, dengan kriteria setuju. Variabel Harga diperoleh hasil rata-rata skor 1.435, dengan kriteria setuju. Variabel Kepuasan Konsumen diperoleh hasil ratarata skor 1.439, dengan kriteria setuju. Hasil penelitian terdapat korelasi antara variabel Kualitas Pelayanan dan Harga terdapat sebesar 0,713 dan memiliki tingkat hubungan kuat dan searah. terdapat pengaruh parsial Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen yaitu sebesar 0,358. Terdapat pengaruh parsial variabel Harga terhadap Kepuasan Konsumen yaitu sebesar 0,409. Terdapat pengaruh simultan Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 0,5043 atau 40,4% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Ahror, Ubaidillah. Hendri Soekotjo. (2017). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan

Pelanggan Cafe Milkmoo" dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 6 No 3.

Aprianti, Ine. Jihan Putri Krimawati. (2020). "Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Mayoutfit Bandung Melalui Instagram" dalam jurnal JEMPER (Jurnal Ekonomi

Manajemen Perbankan). Vol 2 No1.

Asti, Eka Giovana. Eka Avianti Ayuningtyas. (2020). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen" dalam Jurnal EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis. Vol 1 Issue

- Jan 2020.

Aulia, Maslikhatul. Imam Hidayat. (2017). "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen Amanda Brownies" dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 6 No 5.

Bansaleng, Julia Mega. Jantje L Sepang, Jeffry LA Tampenawas. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas

pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL di Manado” dalam Jurnal EMBA:

Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 9(3)

Farhan, Muhammad. Endang M. Sasmita, Bida Sari. (2021). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Brotta Suki dan Bbq Jakarta Pusat" dalam Jurnal IKRA-ITH

Ekonomika. Vol 4 No 1.

Hastuti, Sri. (2020). "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada

Laundry Ananda Lahat)" dalam Jurnal Ekonomika. Vol 13 No 1.

Mariansyah, Alvin. Amirudin Syarif. (2020). "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu" dalam Jurnal JIBM. Vol 3 No 2. Marselina, Sherly. Juarsa Badri. (2022).

"The Effect Of Product Quality, Price and Service Quality on Cosumer Satisfaction at Cafe Sava Koffie"

dalam Jurnal Bina Bangsa Internasional Journal of Business and Management (BBIJBM). Vol 2 No 1.

Nugroho, Danu Setyo. Endang Saryanti. (2019). "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga

Terhadap Kepuasan Konsumen di Bakso dan Mie Ayam Pak Kumis Wonogiri" dalam Jurnal Bisnis dan

Ekonomi. Vol 6 No 1.

Pantilu, Dealisna. Rosalina A.M. Koleangan. (2018). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado" dalam Jurnal EMBA. Vol 6 No 4.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i2.3196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/