PENINGKATAN MUTU KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS TEHNIK CATUR PRAMANA

Nailariza Umami, Maria Agatha Sri Widya Astuti

Abstract


Dalam menjalankan praktik pengajaran pada mata kuliah pembelajaran mikro bagi mahasiswa semester VI, terdapat sejumlah hambatan yang dihadapi, terutama terkait dengan pemahaman dan penerapan keterampilan mengajar.Beberapa permasalahan umum yang dihadapi mahasiswa melibatkan kurangnya pengetahuan terkait keterampilanKmembuka dan menutup pelajaran,kemampuanJmenyampaikan materi, manajemen kelas, pengaturan waktu, dan pengembangan kreativitas seperti perancangan metode dan media pembelajaran yang sesuai. Selain itu, beberapa mahasiswa merasa malu dan kurang percaya diriLketika berada didepan kelas, dan kemampuan berkomunikasi serta public speaking yang seharusnya mendukung keberhasilan mengajar belum sepenuhnya dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa.

           Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanMdasar mengajarPmahasiswa semester VI pada Program StudiWPendidikan Ekonomi UniversitasKBhinneka PGRI,pada tahun ajaran 2022/2023, melalui penerapan metode collaborative learning dengan teknik Catur Pramana.Subjek penelitian ini adalahMmahasiswa semester VI pada Program Studi Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2022/2023,yang terdiri darisatu kelas dengan jumlah 21orang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan dianalisis secara kuantitatif dengan dukungan interpretasi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan praktik pembelajaran dengan metode Collaborative Learning Berbasis Teknik Catur Pramana mampu meningkatkan dasar mengajar mahasiswa semester VI pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI, dari persentase keberhasilan sebesar 66,7% padaHsiklus I menjadi 85,7%pada siklus II. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan metode Collaborative Learning Berbasis Catur Pramana dalam perkuliahan yang bertujuan untuk membentuk keterampilan atau kompetensi calon guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i2.3517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/