PENGARUH ADAPTASI LINGKUNGAN USAHA DAN KEUNGGULAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MELALUI KUALITAS PRODUK ANYAMAN PANDAN DI JOMBANG

Roy Wahyuningsih

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengaruh positif Adaptasi Lingkungan usaha terhadap Kualitas produk, (2) pengaruh positif keunngulan SDM terhadap kualitas produk, (3) pengaruh positif kualitas produk terhadap keunggulan bersaing, (4) pengaruh positif adaptasi lingkungan usaha terhadap keunggulan bersaing, (5) pengaruh positif keunggulan SDM terhadap keunggulan bersaing.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perajin anyaman pandan yang berada di Jombang yaitu sebesar 1634 perajin anyaman pandan dengan sampel sebesar 128 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara Proporsional Random Sampling. Kuesioner dan tes digunakan dalam teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Peneliti menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) sebagai alat untuk menganalisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) Adaptasi Lingkungan usaha secara positif berpengaruh terhadap Kualitas produk, (2) keunggulan SDM  secara positif berpengaruh terhadap kualitas produk, (3) kualitas produk  secara positif berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (4) adaptasi lingkungan usaha  secara positif berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, (5) keunggulan SDM  secara positif berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.

Saran dari penelitian ini yaitu (1) para perajin anyaman pandan seyogyanya memusatkan perhatian untuk meningkatkan  sumber daya manusia (SDM) misalnya dengan jalan memperbanyak mengikuti pelatihan-pelatihan, (2) para perajin anyaman pandan di Jombang senantiasa meningkatkan ketrampilan-ketrampilan, (3) Sedangkan untuk meningkatkan keunggulan bersaing, para perajin anyaman pandan di Jombang sebaiknya Menjaga kualitas produk, Menumbuhkan sikap soliditas antara pelanggan, pembeli, pemasok dan para perajin anyaman.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v2i1.727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/