PELATIHAN APLIKASI PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SOSIOEMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR

Miranti Widi Andriani

Abstract


Perkembangan sosioemosional merupakan salah satu karakteristik perkembangan anak usia kanak-kanak madya/akhir yang bersifat holistik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu guru mempelajari penerapan aplikasi play therapy sehingga dapat digunakan dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan sosioemosional. Metode pelaksanaan adalah menyelenggarakan seminar dan pelatihan aplikasi play therapy. Laporan hasil pelaksanaan pelatihan antara lain: melakukan pendampingan dengan kegiatan sosialisasi, kegiatan observasi dan diskusi; melaksanan seminar dan praktik simulasi aplikasi play therapy; monitoring dan evaluasi dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan pelaksanaan kegiatan. Saran yang dapat ditindaklanjuti adalah pemberian pelatihan sejenis secara berkelanjutan untuk mengasah kemampuan guru dalam membantu siswa menyelesaikan tugas-tugas perkembangan.


Keywords


play therapy, sosioemosional, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Al-Yagon, M & Mikulincer, M. 2004. Socioemotional and Academic Adjustment Among Children with Learning Disorders:The Mediational Role of Attachment-Based Factors. The Journal Of Special Education Vol. 38.

Mayer, J. D. & Salovey, P. 1997. Emotional Development and Emotional Intelligenc. New York:Basic Books.

Miller, P. H. 2011. Theories of Developmental Psychology fifth Edition. New York:Worth Publishers.

Santrock, John W. 2011. Life Span Development, Thirteenth Editions. New York: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v1i1.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.