PEMANFAATAN BUAH PEPAYA SEBAGAI KERIPIK PEPAYA

Azharotul Amaliyah Munawaroh, Aang Fatihul Islam

Abstract


Pemberdayaan ekonomi kreatif dimasa pandemi melalui pemanfaatan potensi alam yang cukup melimpah adalah langkah yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan ekonomi yang yang ada. Dengan memberi wawasan kepada masyarakat dalam memaksimalkan potensi sumber daya alam lokal dengan kemampuan dan kreativitas guna menambah nilai jual buah pepaya dan akan berdampak peningkatan pendapatan. Metode yang digunakan disini adlah tentang penekanan pada pelaksanaan pengolahan potensi alam berupa buah pepaya menjadi keripik pepaya. Disisi lain ketika banyaknya buah pepaya yang sudah mulai panen sering tidak dikonsumsi dan dibiarkan matang di pohon hingga membusuk. Adapun hasilnya dalam pemanfaatan potensi alam buah pepaya dengan kreativitas olahan bermanfat maka menghasilak sebuah keripik pepaya

Keywords


Keripik Pepaya, ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. (2005). Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhartara Karya Aksara. Jakarta

Frida Susanti, Ratna, Dkk. (2016).Studi Pengolahan Buah Pepaya Menjadi Fruit Leather dan Manisan Pepaya Bernutrisi Tinggi. Parahyangan:Universitas Katolik Parahyangan.

Karyani, D. (2001). Buku Pintar Terapi Pepaya. Ladang Pustaka & Intimedia. Jakarta.

Laily. (2015). Analisis Usahatani Pepaya Varietas California (Carica papaya L.). Ejurnal Universitas Bojonegoro, 1(1), 1–8.

Sujiprihati, S., & Suketi, K. (2009). Budi Daya Pepaya Unggul. Penebar Swadaya Grup.

Rahmat, R. (2013) Pepaya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v3i2.2203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.