PENGUATAN WAWASAN GENDER DI KELOMPOK WANITA BERBASIS ORGANISASI POLITIK

Judi Suharsono, Sulis Dyah Candra, M.Novan Fithrianto, Novita Damayanti

Abstract


Demokrasi mengamanatkan adanya persamaan akses dan peran serta penuh bagi laki-laki maupun perempuan, atas dasar prinsip persamaan derajat, dalam semua wilayah dan tataran kehidupan publik, terutama dalam posisi-posisi pengambilan keputusan. Tujuan dari program pengabdian masayarakat ini adalah memberikan penguatan kepada kelompok perempuan kader partai politik tentang wawasan gender serta peran dan fungsinya sebagai ibu, karir dan organisasi politik . Metode pelaksanaan pengabdian masayarat ini menggunakan pendekatan comumnity development dengan tiga karakter utama berbasis masyarakat (community based), berbasis sumber daya setempat (local resource based) dan berkelanjutan (sustainable). Mitra dalam program pengabdian pada masyarakat ini adalah kelompok perempuan kader partai GOLKAR kabupaten Jombang. Hasil dari program ini adalah  penguatan tentang wawasan gender dalam peran sebagai ibu, karir dan organisasi politik melalui Talk show dan pendampingan diperoleh peningkatan pemahaman tentang wawasan gender sebesar 14,3%. Bahwa mitra menjadi lebih mampu memberikan peran sesuai tugas dan kewajibannya

Keywords


Wawasan gender, ibu, karir, organisasi politik

Full Text:

PDF

References


selengkapnya https://news.detik.com/kolom/d-5859140/kala-batas-peran-memudar

Herita dewi, 2021, PEREMPUAN DAN POLITIK DALAM PERSPEKTIF KESETARAAN GENDER. Widyaiswara Badan Diklat Prov. Sumbar. PEREMPUAN DAN POLITIK DALAM PERSPEKTIF KESETARAAN GENDER (sumbarprov.go.id)

Siti Musdah Mulia dan Anik Farida, Perempuan dan Politik, PT. Gramedia Pustaka Utama:Jakarta, 2005

World Bank Publication. 2000. Engendering Development : Through Gender Equality in Rights, Resources and Voices. (Terj).




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v3i2.2243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.