stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS CONSTRUCT PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA SISWA SMK PGRI 1 JOMBANG | Rahayu | JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAR (JP-MAS)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS CONSTRUCT PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA SISWA SMK PGRI 1 JOMBANG

Widya Ana Rahayu, Sodi Akbar, Lia Budi Tristanti, Faridatul Masruroh

Abstract


Siswa kesulitan memahami materi logika matematika, terutama topik penarikan kesimpulan. Guru sudah menggunakan media pembelajaran power point dalam proses pembelajaran matematika. Hasil wawancara siswa juga menjelaskan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk membedakan tiap aturan dalam penarikan kesimpulan yang ada pada logika matematika. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang dialami mitra, Tim Pengabdi memberikan solusi permasalahan yaitu Penerapan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct pada Materi Logika Matematika Siswa SMK PGRI 1 Jombang. Metode pelaksanaan meliputi (1) Persiapan Awal yaitu analisis kebutuhan sasaran/mitra, perizinan dan Pengajuan Kerja Sama, pengadaan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi dan (4) Penulisan Laporan. Kegiatan pengabdian yang telah Tim pengabdi lakukan ada 2 pertemuan. Pada pertemuan 1 tanggal 18 Mei 2022 di awali dengan pembelajaran E-Learning dimana Tim Pengabdi menggunakan model pembelajaran SOLE (Self Organizer Learning Enviroment). Pada pertemuan ke 2 tanggal 19 Mei 2022 Tim peneliti memberikan tes dan angket. Media game edukasi matematika dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan anak dalam belajar matematika. Oleh karena itu keberlanjutan program ini adalah: membuatĀ  game edukasi untuk materi matematika lain, selain logika matematika, menerapkan game ini dalam pembelajaran matematika selanjutnya, membuat game edukasi versi offline

Keywords


media pembelajaran, game edukasi, construct, logika matematika

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, M., & Christyono, Y. (2015). Perancangan game edukasi platform belajar matematika Berbasis android menggunakan construct 2. Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 4(1), 128-133.

SMK, PGRI 1 Jombang. 2022. Profil SMK PGRI 1 Jombang. https://smkpgri1jombang.sch.id/

Sudarti. 2022. SMK PGRI 1 Jombang Menggelar Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). https://smkpgri1jombang.sch.id/2022/09/02/smk-pgri-1-jombang-menggelar-rapat-tinjauan-managemen-rtm/

Shadiq, F., Setiawan, M. P., & Sasongko, H. W. (2008). Logika Matematika dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Tristanti, L. B., Akbar, S., & Rahayu, W. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 129-140.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v4i2.2801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol