OPTIMALISASI EKONOMI DESA TONDOWULAN MELALUI BRANDING DAN MARKETING PELAKU USAHA RUMAHAN

Lailatul Rahmawati, Diana Sagita Ningrum, Dita Wahyu Hidayati, Eva Eri Dia

Abstract


Desa Tondowulan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Desa Tondowulan memiliki empat  dusun yang menawarkan pesona potensi yang tidak kalah menarik satu sama lain.  Potensi alam di Desa Tondowulan dapat diolah menjadi usaha rumahan guna mendukung kemandirian ekonomi Desa. Adapun usaha rumahan yang ada di desa ini adalah gerabah dan keripik ketela, pisang, singkong, marning jagung dimana usaha tersebut menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Desa Tondowulan. Dalam menjalankan usaha ini masih membutuhkan perhatian khusus terutama dalam pemasaran dan branding.  Proses pemasaran masih dilakukan lewat tengkulak sehingga usaha yang dijalankan masyarakat cenderung kurang berkembang. Tidak hanya proses pemasaran saja, untuk memperluas angka pasar suatu produk maka dibutuhkan branding produk yang menarik dan unik yang diharapkan dapat menarik minat pembeli. Tujuan pelatihan dan pendampingan branding dan membuka toko online untuk karang taruna yaitu untuk membantu mengoptimalkan ekonomi Desa Tondowulan untuk para pelaku usaha rumahan. Berdasarkan hasil pengisian angket diketahui pemahaman karang taruna tentang branding produk mencapai 75% dan yang sudah memiliki toko online mencapai 50%. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan karang taruna di Desa Tondowulan dapat melaksanakan kegiatan secara mandiri dikemudian hari dan dapat berkelanjutan.


Keywords


gerabah, keripik, branding, toko online

Full Text:

PDF

References


Binus. (2020). Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Branding. Diakses pada 23 Januari 2023. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2020/10/fungsi-tujuan-dan-manfaat-branding/%23:~:text%3DMemberikan%2520daya%2520tarik%2520bagi%2520konsumen,menetapkan%2520harga%2520jual%2520yang%2520tinggi.%26text%3DMenjadi%2520pembeda%2520atau%2520ciri%2520tertentu,perusahaan%2520dengan%2520produk%2520milik%2520kompetitor.&ved=2ahUKEwjgrfm-7-H8AhXrF7cAHVnuCrAQFnoECBAQBQ&usg=AOvVaw3ErczbGZkJ2xcqTSvtLzlS

Desita, dkk. (2020). Marketing Online Untuk Memperluas Pangsa Pasar Inovasi Kerajinan Gerabah Desa Tondowulan Jombang, 3(2), 111-115.

Khasanah Uswatun. [2022]. Marketing Mix. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam:Universitas islam negeri Alauddin Makassar

Sulistiarso, SF. (2014). Peran Pelatihan dan Bimbingan Khusus Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Sentra Pengrajin Gerabah Di Desa Tondowulan, Kec. Plandaan, Kab. Jombang. Malang, Indonesia :Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wiyojo, Dkk. (2021). Strategi Pemasaran Di Masa Pandemi. Insan Cendekia Mandiri:Solok.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i1.2957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.