stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
SOSIALISASI PENTINGNYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR | Andriani | JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAR (JP-MAS)

SOSIALISASI PENTINGNYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Miranti Widi Andriani, Khoirul Anwar

Abstract


Kemampuan berpikir kritis tentu tetap wajib menjadi hal yang diutamakan selama proses belajar dan pembelajaran. Studi pendahuluan berupa hasil wawancara menunjukkan selama pembelajaran beragam kendala pembelajaran ditemui baik dari para guru maupun siswa. Data empiris yang terjadi di lapangan antara lain: kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan, kurangnya fokus pada saat pembelajaran,  media yang digunakan guru kurang bervariasi, serta masih terbatasnya kemampuan siswa dalam memberikan argumen pada saat pelajaran berlangsung. Ketegorisasi masalah yang masuk dalam indikator berpikir kritis yaitu siswa belum mampu memberikan penjelasan yang dapat dipertanggung jawabkan serta belum mampu dalam memberikan alasan yang rasional. Permasalahan tersebut dapat ditarik makna bahwa siswa masih membutuhkan guru dalam membantu proses belajar dan menuntun siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, hingga akhir yang diharapkan adalah siswa dapat menyelesaikan masalah.  Guru perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemantapan teori aplikasi pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar sehingga dapat mengoptimalkan hasil capaian pembelajaran. Metode yang dapat diberikan adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diteroleh dari kegiatan adalah peningkatan pemahan pentingnya mengembangakan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar.


Keywords


berpikir kritis, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Anyi, E. (2017). The Role of Guidance and Counselling in Effective Teaching and Learning in Schools: The Cameroonian Perspective. International Journal of Educational Technology and Learning, 1(1), 11–15, 10.20448/2003.11.11.15.

Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68–77.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Th. 2016 No. 021 Ttg. Standar Isi Pend. Dasar _ Menengah. 1–4.

Nkechi, E. E., Ewomaoghene, E. E., & Egenti, N. (2017). The Role of Guidance and Counselling in Effective Teaching and Learning in Schools: The Cameroonian Perspective. International Journal of Educational Technology and Learning, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.20448/2003.11.11.15

Saputra, R., Kurnanto, M. E., Nurrahmi, H., & Kurniawan, N. A. (2021). Berpikir Kritis Dalam Kajian Pendekatan Bimbingan dan Konseling. Jurnal KOPASTA, 8(1), 46–53.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i1.3025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol