IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KALKULATOR TRANSFORMASI GEOMETRI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PESERTA DIDIK

Slamet Slamet, Nur Fatin Mufinnun, Solahudin Sholahudin, Wiwin Sri Hidayati, Lia Budi Tristanti

Abstract


MTsN 15 Jombang membutuhkan sebuah media pembelajaran matematika yang inovatif dan sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka. Dengan fokus pada pendekatan pembelajaran yang lebih mandiri dan responsif terhadap kebutuhan siswa, media ini dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan memotivasi. Tujuan pengabdian ini adalah implementasi media pembelajaran kalkulator transformasi geometri di  kelas IX di MTsN 15 Jombang untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik. Mitra pada kegiatan ini adalah pada peserta didik kelas IX MTsN 15 Jombang, dengan jumlah partisipan sebanyak 34 peserta. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu persiapan, identifikasi masalah, pengadaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta umpan balik peserta. Proses pembelajaran matematika berbantuan Media Pembelajaran Kalkulator Transformasi Geometri terhadap Peningkatan Pengetahuan Peserta Didik terdiri dari kegiatan penyampaian tujuan pembelajaran, pendahuluan, demonstrasi, langkah praktik, diksusi kelompok, penugasan, penilian dan rekapitulasi. Media pembelajaran ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik pada materi transformasi geometri. Peningkatan sekitar 25,37% dari rata-rata pretest 57,84 ke rata-rata posttes 72,55 dalam transformasi geometri


Keywords


media pembelajaran, kalkulator, transformasi, geometri, matlab

Full Text:

PDF

References


Ashari, M. Y., & Mahfudhoh, R. A. (2015). Efektifitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi tentang Pengembangan pada MTs Negeri Keras Diwek Jombang). Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 1(1), 29-48

Prasetyo, H., & Khudriyah, K. (2017). Perbandingan Manajemen Berbasis Sekolah antara SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 23-36.

Purwandari, I., Ekawati, W., & Tristanti, L. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Komat Terhadap Pemecahan Masalah Dan Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 1-12.

Redhana, I. W. (2010). Pengaruh model pembelajaran berbasis peta argumen terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada topik laju reaksi. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 43(2).

Sa'adah, U., Faridah, S. N., Ichwan, M., Nurwiani, N., & Tristanti, L. B. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan STEAM (science, technology, enginering, art, mathematic) terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), 62-75.

Tjolleng, A. (2017). Pengantar Pemrograman Matlab. Elex Media Komputindo.

Tristanti, L. B., & Iffah, J. D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1716-1728.

Tristanti, L. B., Akbar, S., & Rahayu, W. A. (2021a). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa.

Tristanti, L.B, Ernawati, W., & Hidayati, W.S. (2021b). Penerapan video media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 413-424.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i2.3484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.