PENGARUH LATIHAN LADDER DRILL DAN SHUTTLE RUN TERHADAP KECEPATAN DAN KELINCAHAN

Wido Hary Pranasto, Oce Wiriawan, Edy Mintarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan fisik kecepatan dan kelincahan siswa ekstrakulikuler futsal SDN Rangkah IV Surabaya. Tiga puluh siswa dipilih sesuai dengan kriteria menggunakan metode purposive dan dilakukan pretest dan pemeringkatan sehingga masuk dalam pengelompokan ladder drill, shuttle run, dan kelompok kontrol. Side step test dan lari 30 meter digunakan untuk mengukur peningkatan kinerja fisik. Kedua kelompok perlakuan berpartisipasi dalam penelitian tiga hari dalam seminggu selama enam minggu dan menyelesaikan 18 sesi pelatihan dan satu kelompok kontrol tanpa perlakuan khusus, pada frekuensi 3 sesi per minggu. Hasil uji paired sample t-test dalam kelompok ladder drill menunjukkan pengaruh yang signifikan pada variabel kecepatan dan kelincahan, kelompok shuttle run menunjukkan pengaruh yang signifikan pada variabel kecepatan dan kelincahan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kelompok kontrol saat melakukan pretest dan postest.  Disimpulkan dari penelitian ini bahwa latihan ladder drill dan shuttle run efektif untuk meingkatkan kemampuan kelincahan dan kecepatan.


Full Text:

PDF

References


Bompa, T.O & Haff, G.G. (2009). Periodezation Theory and Methodology of Training. New York: Human Kinetics.

Brown L. E (2005). Training For Speed, Agility and Quickness. United States of America: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Buchheit, M., Bishop, D., Haydar, B., Nakamura, F. Y., & Ahmaidi, S. (2010). Physiological Responses to Shuttle Repeated- Sprint Running Physiological Responses to Shuttle Repeated-Sprint Running. Int J Sports Med, 31, 402–409.

Claxton, D. B., Troy, M., & Dupree, S. (2006). A question of balance. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 77(3), 32-37.

Kemenpora RI. 2005. Panduan Penetapan Parameter Tes Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar dan Sekolah Khusus Olahragawan. Jakarta.

Milanović, Z., Sporiš, G., Trajković, N., & Fredi, F.F. (2011). Differences Agility Performance between Futsal and Soccer Players. Sport Science, 4(2), 55-59.

Ng, R. S. K., Cheung, C. W., & Raymond, K. W. S. (2017). Effects of 6-week agility ladder drills during recess intervention on dynamic balance performance. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 306–311.

Roxburgh, A. (2008). The Technician Futsal: Newsletter for Coaches. Nyon: UEFA

Wang, Y. & Zhang, N. A. (2016). Effects of plyometric tra




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i1.1053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats