UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN TOLAK PELURU GAYA MEMBELAKANGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN

Wahyu Eko Widiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki teknik sikap awalan, teknik menolak, dan teknik akhir. Rancangan penelitian yang digunakan adalah action research dan Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Melalui Action research dilaksanakan pembelajaran tolak peluru gaya membelakangi dengan metode bermain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTs Unggulan Nuris Jember semester gasal tahun ajaran 2017-2018, yang berjumlah 32 siswa putra. Hasil observasi awal dari teknik memegang tingkat kesalahan 40%, teknik sikap awal 50%, teknik menolak 70% dan teknik sikap akhir 45%. Hasil tindakan siklus 1 dari teknik memegang dengan tingkat kesalahan 8,22%, teknik sikap awal 25,81%, teknik menolak 38,60% dan teknik sikap akhir 33,61%. Hasil tindakan siklus 2 dari teknik teknik memegang sudah tidak ada kesalahan, teknik sikap awal 10,82%, teknik menolak dengan tingkat kesalahan 13,52% dan teknik sikap akhir 10,82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan tolak peluru gaya membelakangi menggunakan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan.

Full Text:

PDF

References


Aspasia, D., Chrysoula, N., Panagiotis, S., & Georgios, L. (2017). Physical Education Teachers’ Action Research on Teaching Games for Understanding. Mediterranean Journal of Social Sciences. 8 (1): 105-111.

Bakirtzoglou, P., and Ioannou, P. (2012) The Relationship Between Play and Physical Education. Sport Science 5 (1): 36‐42.

Bernstein, E., Phillips, S.R., & Silverman, S. (2011). Attitudes and perceptions of middle school students toward competitive activities in physical education. Journal of Teaching Physical Education. 30 (1): 69-83.

Casey, A., Dyson, B., & Campbell, A. (2009). Action research in physical education: Focusing beyond myself through cooperative learning. Educational Action Research. 17 (3): 407-423.

Farias, CFG., Harvey, S., Hastie, P.A., & Mesquita, IMR., (2019) Effects of situational constraints on students’ game-play development over three consecutive Sport Education seasons of invasion games. Physical Education and Sport Pedagogy. 24 (3): 1-20.

Furqon, H.M. (2006). Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemmis, K., & McTaggart, R. (2008). Participatory action research: Communicative action and the public sphere. Thousand Oaks, CA: Sage.

McKernan, J. (2008). Curriculum and imagination: process theory, pedagogy and action. New York: Routledge.

Pelton, R. P. (2010). Action research for teacher candidates: Using classroom data to enhance instruction. Maryland: Rowman & Littlefield Education.

Rosdiani, D. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Timken, G.L., & McNamee, J. (2012). New perspectives for teaching Physical Education: Preservice Teacher’s reflections on outdoor and adventure education. Journal of Teaching Physical Education. 31 (1): 21-38.

Zhang, T., Solmon, M.A., Kosma, M., Carson, R.L., & Gu, X. (2011). Need Support, Need Satisfaction, Intrinsic Motivation, and Physical Activity Participation among Middle School Students. Journal of Teaching in Physical Education. 30 (1): 51-58.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i2.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats