PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA

Heru Setyawan, Yully Wahyu Sulistyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh modifikasi permainan tradisional terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam pada permainan sepakbola peserta didik SDN Bugasur Kedaleman II Gudo Jombang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes keterampilan. Instrumen pada penelitian ini adalah  pre-test dan post-test dalam bentuk tes keterampilan passing kaki bagian dalam. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji­-t pada program SPSS. Hasil penelitian pada perhitungan uji- t, diperoleh nilai thitung sebesar 3,521 dan ttabel sebesar 1,699 dengan taraf signifikan 5%( α =0,05), maka thitung ≥ ttabel. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan  bahwa ada pengaruh dari penerapan modifikasi permainan tradisional terhadap kemampuan passing kaki bagian dalam pada permainan sepakbola peserta didik SDN Bugasur Kedaleman II Gudo Jombang tahun pelajaran 2018/2019 dengan tingkat peningkatan yang cukup signifikan sebesar 19,41%.


Full Text:

PDF

References


Arfangga, D. R. (2011).Pengaruh Model Modifikasi Permainan Kucing-kucingan Terhadap Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola.STKIP PGRI Jombang.

Aji, Sucipto. (2016). Buku Olaharaga Paling Lengkap.Pamulang, Jakarta: ILMU

Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.RinekaCipta.

Dimyati dan Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwipa,A.A.(2011).Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Motorik Kasar pada Siswa Putra Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang

Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: BumiAksara.

Hariyanto&Suyono.(2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Khomsin.(2008). Pembelajaran Kterampilan Olahraga. Jakarta, Indonesia: Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga.Surabaya, Indonesia: Unesa University Press.

Mielke, Danny. (2003). Dasar-Dasar Sepakbola.Jakarta, Indonesia: Human Kinetics

Mulyani, Novi. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta, Indonesia:Diva Press.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sucipto,Dkk. (2000). Sepakbola .Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Thobroni, M. (2016).Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor.20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.

Winarno, M.E. (2006). TesKetrampilanOlahraga.UniversitasNegeriMalang, Indonesia: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolaharagaan Fakultas Ilmu Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i1.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats